SOLOPOS.COM - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) melalui Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Talenta (DITA) menyelenggarakan kegiatan "Workshop Surat Menyurat dan Legal Drafting Kantor" pada Kamis (19/10/2023).

?Solopos.com, SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) melalui Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Talenta (DITA) menyelenggarakan kegiatan “Workshop Surat Menyurat dan Legal Drafting Kantor” pada Kamis (19/10/2023). Kegiatan yang dilaksanakan di Grha Kartini Kampus UKSW Jalan Kartini ini diikuti oleh 48 peserta terdiri dari tenaga kependidikan (tendik) UKSW.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur dan Perencanaan (WR KIP) Priyo Hari Adi, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., menyampaikan bahwa rangkaian pelatihan penulisan Surat Menyurat dan Legal Drafting Kantor ini akan mempertajam kemampuan para peserta. “Saya bersyukur karena DITA menginisiasi kegiatan ini. Kami berharap para peserta mengikuti rangkaian acara sampai akhir sehingga mereka mendapatkan ilmu baru untuk meningkatkan skill,” ungkapnya.

Senada dengan Priyo Hari Adi, Direktur DITA Dr. Yustina Ertie Pravitasmara Dewi, S.E., M.M., menyampaikan bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penulisan surat menyurat para tendik UKSW. “Acara ini pertama kali kami dilaksanakan, di mana para peserta tak hanya mengikuti workshop saja tetapi mereka diberikan tugas oleh panitia sebagai bentuk peningkatan kompetensi mereka,” katanya.

Tata Cara Penulisan

Dua narasumber dihadirkan dalam acara ini. Mereka adalah Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Caecilia Tri Wahyanti, S.Pd., M.A., dan Staf Divisi Legal dan Tata Kelola (DIVTA) Slamet Priyanto, S.H. Caecilia Tri Wahyanti mengupas tuntas tentang pengorganisasian dan penulisan pesan tertulis. Ia menjelaskan bahwa surat merupakan salah satu bentuk format tertulis untuk berbagai tujuan dan dapat digunakan untuk berkomunikasi internal maupun eksternal.

“Pengorganisasian dalam menyusun surat menyurat terdiri dari membuat outline, harus ingat tujuan penulisan, menyusun alinea, dan memilih kata untuk kata sambung,” paparnya. Menurutnya, terdapat sejumlah hal penting yang harus diperhatikan dalam penyampaian surat antara lain kata yang digunakan harus sopan, memikirkan pembaca, dan ringkas. “Tak hanya itu, surat yang kita buat harus sistematis sesuai kaidah penulisan,” katanya.

Sementara itu, Slamet Priyanto memberikan materi berkaitan dengan tata tulis dan layout dokumen resmi antara lain surat dinas, surat perjanjian, nota dinas, dan peraturan. “Legal drafting berkaitan dengan perencanaan hukum yang dibuat oleh subjek hukum baik perorangan maupun badan hukum,” jelasnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya