SOLOPOS.COM - Wakil Presisen ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin (15/5/2023) malam. (ANTARA/Fauzi Lamboka).

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) dikunjungi sejumlah tokoh nasional menjelang Pemilu 2024. Namun JK menegaskan tidak mau mencampuri urusan koalisi partai politik.

Terbaru, tokoh yang berkunjung adalah Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang berkunjung ke kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta, Senin (15/5/2023) malam.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Itu adalah kewenangan dari para koalisi dan juga calon presiden,” kata JK seusai pertemuan dengan AHY.

Penegasan politikus senior Partai Golkar itu disampaikan ketika wartawan bertanya terkait situasi koalisi partai politik dan kemungkinan pasangan Anies Baswedan dan AHY.

“Mas AHY ini tentu mempunyai kemampuan, tinggal musyawarah atau keputusan oleh koalisi untuk menentukan. Sebaiknya cawapres dari anggota koalisi,” jelasnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

JK menegaskan kembali di masa Megawati Sukarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono, Kepala Negara tidak pernah mengintervensi partai politik untuk menentukan calon presiden selanjutnya.

Karenanya, ia mengkritik Presiden Jokowi yang beberapa kali bertemu dengan beberapa ketum parpol di luar Partai Nasdem sehingga memberi kesan hanya memberi restu pada calon-calon tertentu.

“Zaman ibu Mega, Pak SBY, sama sekali tidak mempengaruhi partai politik, untuk memilih ini dan itu. Jadi diberikan kepada partai. Kami waktu jadi pemimpin pemerintahan tidak mencampuri itu,” jelasnya.

AHY bersama istrinya, Anisa Pohan tiba sekitar pukul 20.10 WIB. Mereka didampingi Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya.

Rombongan AHY disambut JK bersama istrinya Mufidah Jusuf Kalla di depan pintu rumah.

“Selamat ulang tahun Pak JK,” kata AHY, lalu bersalam-salaman.

Seusai berbincang sejenak di depan rumah, JK mengajak AHY bersama rombongan masuk ke dalam rumah dan melanjutkan diskusi di ruang tamu.

JK pada Senin (5/15/2023), merayakan ulang tahun ke-81 tahun. JK lahir di Watampone, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942.

Beberapa waktu terakhir, JK telah menerima kunjungan sejumlah tokoh politik nasional di antaranya Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya