SOLOPOS.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA—Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertandang ke Amerika Serikat (AS) mengunjungi Menteri Pertahanan AS, Lloyd J. Austin III, Kamis (20/10/22) waktu setempat. Mengutip cuitan Twitter akun resmi, Lloyd J. Austin III, keduanya bertemu untuk mendiskusikan peningkatan hubungan pertahanan antara AS dan Indonesia.

Menhan AS juga menyebut diskusi dalam kunjungan ini untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas serta terbuka. “I was pleased to host Indonesian Defense Minister @Prabowo yesterday for a discussion about ways to enhance the U.S.–Indonesia defense relationship in support of a free and open Indo-Pacific,” tulis Menhan AS yang diunggah Jumat (21/10/2022) malam.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Mengutip laman resmi Departemen Pertahanan AS, pertemuan tersebut membahas tentang visi bersama antara Amerika Serikat dan Indonesia, Indo-Pasifik sebagai isu yang mendapat perhatian global. Menhan Austin mengapresiasi peran kepemimpinan Indonesia di Asean, di Indo-Pasifik, dan di seluruh dunia.

Baca Juga Xi Jinping dan Putin Gelar KTT Bersama Pemimpin Asia

Dia juga menyatakan ketertarikannya untuk membantu modernisasi militer Indonesia. Pembahasan selanjutnya, mengenai perluasan latihan “Super” Garuda Shield musim panas ini, latihan terbesar yang pernah dilakukan antara kedua negara.

Austin juga menyatakan dukungannya terhadap fokus Prabowo pada profesionalisasi militer dan mencatat bahwa Indonesia sekarang ini memiliki taruna di tiga akademi militer AS.

Dia juga menekankan pentingnya nilai-nilai bersama antara Amerika Serikat dan Indonesia sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia. Kedua menteri menegaskan kembali pentingnya memelihara aturan dan norma internasional guna menjaga wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kunjungi Menhan AS, Prabowo Diskusikan Indo-Pasifik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya