SOLOPOS.COM - Mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Istimewa)

Solopos.com JAKARTA – Mantan Wali Kota Semarang, Jawa Tengah dua periode, Hendrar Prihadi, dipercaya Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menggaet kalangan anak muda pada Pemilu 2024 mendatang.

Hendrar Prihadi ditunjuk sebagai Ketua Umum DPP Taruna Merapi Putih (TMP) didampingi Rio Alexander Jeremia Dondokambey sebagai Sekretaris Jenderal.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Fungsi DPP TMP adalah merekrut anak muda untuk berpolitik melalui PDIP.

“Semoga dengan kepengurusan baru, TMP makin dapat menggelorakan dirinya sebagai wahana penggemblengan kaum muda sekaligus dipersiapkan menjadi calon pemimpin bangsa melalui PDIP,” kata Hasto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Berikut profil Hendrar Prihadi seperti dikutip Solopos.com dari berbagai sumber, Selasa (21/3/2023):

Saat ini Hendrar Prihadi menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Ia mulai menjabat pada 10 Oktober 2022, menggantikan Abdullah Azwar Anas (mantan Bupati Jember, Jawa Timur).

Ia yang bernama lengkap Dr. Hendrar Prihadi, S.E., M.M. lahir pada 30 Maret 1971.

Sebelumnya, Hendrar Prihadi pernah menjabat sebagai Wali Kota Semarang selama dua periode dan Wakil Wali Kota Semarang.

Hendrar mengawali karier politiknya sebagai anggota DPRD Jawa Tengah periode 2009-2014 untuk daerah pemilihan Jawa Tengah 2 (Kabupaten Demak, Kudus, dan Jepara).

Mantan Ketua KNPI Jawa Tengah itu kemudian terpilih sebagai Wakil Wali kota Semarang berpasangan dengan Soemarmo HS yang merupakan hasil Pemilihan Wali Kota Semarang tahun 2010.

Pada tahun 2013, Hendrar Prihadi akhirnya dilantik sebagai Wali Kota Semarang menggantikan Soemarmo HS yang dinonaktifkan karena terlibat kasus korupsi.

Ia diusulkan oleh DPRD Kota Semarang sebagai wali kota definitif pengganti Soemarmo HS pada 3 Juni 2013 dan akhirnya dilantik Gubernur Ganjar Pranowo pada 21 Oktober 2013.

Pelantikannya dihadiri beberapa tokoh PDIP antara lain Sukawi Sutarip, Tjahjo Kumolo, dan Puan Maharani dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kota Semarang.

Meskipun merupakan wali kota pengganti periode sebelumnya dan memulai di tengah masa jabatan, ia berhasil menyabet prestasi dari KADIN pada tahun 2014.

Ia maju menjadi Wali Kota Semarang periode 2016–2021 berpasangan dengan Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Hendrar diusung PDIP dibantu Partai Demokrat, PPP dan Partai Nasional Demokrat dan akhirnya memenangi Pilkada.

Prestasi

Keberhasilan yang diraih Hendrar Prihadi dan Pemkot Semarang pada periode ini antara lain anugerah Konservasi Upakarti Prabaswara Mandala dari Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Sebagai kota metropolitan, Kota Semarang menerima adipura enam tahun berturut-turut sejak 2012 hingga 2017.

Hendrar Prihadi juga menerima penghargaan internasional bidang perencanaan sumber daya ruang “Best Urban Design 2017” yang diterimanya di Singapura.

Di luar bidang lingkungan, Hendrar Prihadi menorehkan berbagai prestasi dalam tata kelola pemerintahan.

Di bawah kepemimpinannya, Kota Semarang menerima penghargaan sebagai Kota Terbaik menurut Tempo Group; penghargaan sebagai Kota Berkinerja Terbaik (Parasamya Purnakarya Nugraha) dan penghargaan Smart City oleh pemerintah pusat.

Selain itu, Kota Semarang juga menerima penghargaan sebagai kota sehat Swastisaba Wiwerda oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Hendrar Prihadi menerima Upakarti kepedulian pada UMKM oleh Kementerian Perindustrian, serta penghargaan Indeks Pariwisata Indonesia dari Kementerian Pariwisata.

Selain itu, Pemerintah Kota Semarang juga mendapatkan penghargaan sebagai kepala daerah terbaik dalam hal pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Revolusi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kota Semarang pada 2016 meraih skor tertinggi se-Indonesia, yaitu 89,65 poin untuk pelayanan publik di tanah air.

Pada tahun 2019, ia mendapatkan penghargaan sebagai salah satu wali kota terbaik di Asia (Asia Best Mayor Of The Year 2019 dalam Asia Global Award 2019) dari Asia Global Council (Dewan Global Asia).

Pemerintah Kota Semarang juga menerima penghargaan dari European Society for Quality Research (ESQR) dalam kategori inisiasi strategi manajemen organisasi pada 16 Juli 2019.

Sementara, di bidang infrastruktur Kota Semarang meraih penghargaan gold kategori infrastruktur setelah melalui sejumlah tahap penilaian oleh Tim Juri Indonesia Attractiveness Index (IAI) 2019.

Selain itu, Kota Semarang juga memperoleh penghargaan lain yaitu Kota Layak Anak sebanyak tiga kali secara beruntun.

Ia juga meraih beberapa penghargaan seperti Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha pada tahun 2015 dan Satyalancana Dharma Olahraga pada tahun 2020.

Riwayat Pendidikan

SD Gergaji Semarang (1984)

SMP Negeri 3 Semarang (1987)



SMA Negeri 1 Semarang (1990)

Sarjana Ekonomi Universitas Katolik Soegijapranata (1997)

Magister Manajemen Universitas Diponegoro (2002)

Doktoral Universitas Diponegoro (2021)

Data pribadi

Lahir : Semarang, 30 Maret 1971

Istri : Krisseptiana, S.H., M.M.

Anak : 3







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Pelatih Masih Yakin Garuda Pertiwi Berprestasi di Piala Asia Putri U-17

Pelatih Masih Yakin Garuda Pertiwi Berprestasi di Piala Asia Putri U-17
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Rabu, 8 Mei 2024 - 01:13 WIB
share
SOLOPOS.COM - Skuad Timnas Putri U-17 Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-17 di Bali. (Istimewa/pssi.org)

Solopos.com, GIANYAR — Meski kalah dengan skor telak 1-6 di laga perdana kontra Filipina, Pelatih Tim Nasional Putri U-17 Indonesia, Satoru Mochizuki yakin Garuda Pertiwi mampu berprestasi di ajang Piala Asia Putri U-17 2024 (AFC Womens Asia Cup U-17 2024).

Menurut pelatih asal Jepang tersebut, meskipun tertinggal saat melawan Filipina, Claudia Scheunemann dkk. tetap terus berlari dan berjuang untuk mencatatkan angka.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

“Sebenarnya para pemain kan saya rasa sudah tahu bahwa lawannya kuat-kuat, jadi terkait kepercayaan diri ya, saya yakin mereka sudah siap akan itu,” kata Satoru Mochizuki di Gianyar, Selasa (7/5/2024) malam.

“Mereka sudah tahu bagaimana caranya. Bisa kita lihat kemarin ketika mereka tertinggal poinnya jauh. Walaupun begitu tetap semangat tetap kejar bola tidak menyerah sampai akhir. Kalau memang kepercayaan dirinya runtuh atau turun pasti itu tidak akan terjadi. Tapi kenyataannya mereka terus aktif terus bergerak,” tambah mantan pelatih Timnas Jepang tersebut.

Koran Solopos

Terkait dengan teknis komunikasi yang sempat menjadi kendala antara pemain timnas di lapangan, Satoru Mochizuki mengatakan agar para pemain langsung memberikan komunikasi terarah dan saling menginstruksi rekan setim.

“Saya harapkan, apa yang mereka ingin katakan, disampaikan saja Jadi, mereka ingin katakan apa, mereka dapat mengatakannya. Itu mungkin hal yang penting. Jadi, saling berkomunikasi,” ujar pelatih yang akrab disapa Mochi tersebut.

Indonesia akan menghadapi Korea Selatan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (9/5/2024) pukul 19.00 WITA.

Emagazine Solopos

Garuda Pertiwi yang kini menempati peringkat ketiga di klasemen sementara grup A mesti menang dari Korea Selatan untuk menjaga asa lolos ke semifinal.

Di laga perdananya, Korea Selatan juga kalah telak 0-7 dari tetangganya, Korea Utara.

Di laga hari ini, Tim Nasional Putri U-17 Jepang memetik kemenangan perdana seusai menekuk Thailand 4-0 pada pertandingan pertama Grup B Piala Asia Putri U-17 2024 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (7/5/2024) malam.

Interaktif Solopos

Sementara China Putri U17 mengalahkan Australia 3-0 pada laga perdana di tempat berbeda.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Piala Asia Putri U-17: Jepang Tekuk Thailand 4-0, China Kandaskan Australia 3-0

Piala Asia Putri U-17: Jepang Tekuk Thailand 4-0, China Kandaskan Australia 3-0
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Rabu, 8 Mei 2024 - 01:02 WIB
share
SOLOPOS.COM - China tampil meyakinkan pada laga perdana mereka melawan Australia, dalam gelaran AFC U-17 Women's Asian Cup 2024 dengan menang 3-0, Selasa (7/5/2024). (Istimewa/pssi.org)

Solopos.com, GIANYAR — Tim Nasional Putri U-17 Jepang memetik kemenangan perdana seusai menekuk Thailand 4-0 pada pertandingan pertama Grup B Piala Asia Putri U-17 2024 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (7/5/2024) malam.

Sementara China Putri U17 mengalahkan Australia 3-0 pada laga perdana di tempat berbeda.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Dikutip Solopos.com dari Antara, Jepang menggempur lawannya sejak menit awal pertandingan dengan memainkan umpan satu dua sentuhan untuk menembus gawang Thailand.

Sebaliknya, Thailand bermain lebih menunggu dengan sesekali melancarkan serangan balik melalui kedua sayapnya.

Koran Solopos

Pada menit ke-10, Jepang memperoleh peluang emas melalui kemelut di depan gawang Thailand.

Sepakan jarak dekat Matsuura Meiko berhaisl dihalau penjaga gawang Atima Boonprakanpai.

Permainan rapi lini tengah Thailand kerap merepotkan Jepang yang terus melancarkan serangan melalui umpan kombinasi di lini tengah.

Tiga puluh menit pertandingan berlangsung, Jepang melepaskan tiga tembakan sementara Thailand belum melepaskan satu tembakan pun.

Pada menit ke-42 umpan kombinasi membuat Tsuji Amiru memperoleh ruang tembak di depan kotak penalti tapi tembakannya mengarah tepat ke pelukan Atima.

Pada babak kedua, Jepang terus menekan sisi kanan Thailand dan pada menit ke-51, umpan silang Fukushima Noa disapu bek Julaiporn namun kurang sempurna sehingga jatuh di kaki Shinjo Miharu.

Emagazine Solopos

Shinjo langsung melepaskan tendangan di sisi kanan gawang untuk mengubah kedudukan 1-0 untuk Jepang.

Pada menit ke-65, Sakaki Manaka melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dan halauan kurang sempurna yang dilakukan Jalaiporn membuat Jepang menggandakan keunggulan 2-0.

Pada menit ke-69, Jepang memperbesar keunggulan menjadi 3-0 yang berawal dari serangan balik yang berakhir dengan tembakan dari luar kotak penalti Tsuda Anon yang tak terjangkau Jalaiporn.

Suzuki Haruko lalu menembus empat pemain bertahan Thailand, tapi sepakannya pada menit ke-78 melenceng tipis di atas gawang Thailand yang dijaga Jalaiporn.

Sampai menit ke-80, Jepang menguasai 69 persen distribusi bola. Lalu, melalui umpan lambung Fukushima Noa, Tsuda Anon yang terbebas dari jebakan offside melepaskan sundulan yang gagal dihalau Jalaiporn. Jepang unggul 4-0 pada menit ke-87.

Beberapa jam sebelumnya, China mengalahkan Australia 3-0 dalam laga di Bali United Training Center, Kabupaten Gianyar, Selasa.

Jual beli serangan terjadi sejak babak pertama mulai pada laga hari kedua yang diwasiti Bernatskaia Veronika dari Kirgiztan itu.

Interaktif Solopos

China yang mengenakan jersi warna merah membuka skor pada menit kelima dari penyerang mereka, Zhou Xinyi.

Kedudukan 1-0 ini bertahan sampai babak pertama selesai.

Pada babak kedua Australia berusaha menyamakan kedudukan dan nyaris mencetak gol dari sepakan Sienna Dale.

Tendangan kerasnya dihalau pemain-pemain China yang membentuk pertahanan di depan kiper Hou Shumei.

China yang dilatih Gary Van Egmond menggandakan keunggulan pada menit ke-62 melalui tendangan gelandang Xiao Jiaqi.

Pada menit ke-77, Australia kembali berupaya membuat peluang gol, tapi kiper Hou Shumei cemerlang menahan bola menggunakan kedua kakinya sehingga menggagalkan peluang Australia.

China kembali mencetak gol ketiga pada menit ke-77 melalui tendangan Zhang Kecan setelah memanfaatkan bola lepas yang gagal dijinakkan kiper Australia, Caoimhe Bray.



Tim asuhan Raeanne Dower itu tak bisa mengejar poin hingga 12 menit waktu tambahan.

Sementara itu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Jepang akan menjajal Thailand pada pukul 19.00 WITA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Persija Tolak Berlaga di Turnamen ACC, Pilih Fokus Siapkan Tim untuk Liga 1

Persija Tolak Berlaga di Turnamen ACC, Pilih Fokus Siapkan Tim untuk Liga 1
author
Newswire , 
Abu Nadzib Rabu, 8 Mei 2024 - 00:52 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pesepak bola Persija Jakarta Maciej Jacek Gajos (kiri) berebut bola degan pesepak bola Persis Solo Mochamad Sulthon Fajar (kanan) dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Rabu (17/4/2024). Persija Jakarta menang dengan skor 1-0 atas Persis Solo. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wpa.

Solopos.com, JAKARTA — Persija Jakarta menolak mengambil kesempatan yang diberikan oleh ASEAN Football Federation (AFF) untuk tampil dalam ASEAN Club Championship (ACC) 2024/2025 karena ingin fokus mempersiapkan Liga 1 musim depan.

Sebagai runner up Liga 1 2022/2023, Persija berhak mendapatkan satu tempat dalam kompetisi ACC.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Tapi Macan Kemayoran mengambil keputusan sulit dan terpaksa tidak mengambil bagian dalam kesempatan itu.

“Suatu kehormatan bagi Persija mendapatkan undangan untuk tampil di ACC. Namun kami menilai situasi saat ini tidak ideal dikarenakan ketidakpastian jadwal, baik itu kompetisi musim depan dan turnamen domestik,” kata Presiden Persija Jakarta Mohamad Prapanca seperti dikutip Solopos.com dari Antara di Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Koran Solopos

Dia menyatakan klub harus menyusun kekuatan tim untuk memperbaiki performa dalam Liga 1 musim deoan dan bersiap mengikuti turnamen domestik yang kabarnya juga akan bergulir bersamaan dengan ACC.

“Kami tidak mau memecah fokus agar pencapaian tim bisa lebih baik lagi dibanding musim sebelumnya,” kata dia.

Manajemen mengharapkan keluarga besar Persija memahami keputusan itu dan tetap mendoakan Macan Kemayoran bisa membentuk tim yang lebih solid untuk musim depan.

Emagazine Solopos

Selain Persija, ASEAN Football Federation (AFF) juga menyediakan satu tempat untuk PSM Makassar selaku juara Liga 1 2022/2023, guna mengikuti ACC 2024/2025.

ACC berlangsung mulai 17 Juli 2024 hingga 21 Mei 2025 dan akan hadir dalam format liga dengan babak kualifikasi playoff dan fase grup yang menampilkan 12 klub tersohor di ASEAN.

Klub-klub sepak bola tersebut akan berkompetisi dengan sistem tandang dan kandang untuk merebutkan gelar juara.

Interaktif Solopos

Turnamen dihadiri oleh juara liga domestik dan juara Cup (atau runner up dalam situasi tertentu) masing-masing negara peserta; Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam (perwakilan dua tim setiap negara).

Kemudian, Filipina dan Singapura (perwakilan satu tim). Sedangkan juara liga nasional Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Myanmar akan bersaing memperebutkan dua tempat dalam fase grup turnamen saat babak kualifikasi play off.

Sebanyak 12 klub sepak bola yang memenuhi syarat akan diundi masuk dua grup.



Babak penyisihan grup itu akan dimainkan dengan sistem kandang dan tandang. Lalu, juara dan runner up grup akan lanjut ke semifinal dan final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories