SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan fraksi dalam Panitia Angket sudah seharusnya menyebutkan nama pejabat yang bertanggung jawab pada kasus Bank Century.
“Penyebutan nama ini paling penting karena dalam hal ini, dia yang bertanggung jawab atas kasus Bank Century,” kata Din dalam pertemuan dengan inisiator Panitia Angket Kasus Bank Century atau yang disebut Tim Sembilan, di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (23/2).
Menurut Din, sangat aneh jika fraksi tidak menyebutkan nama pihak yang bertanggung jawab dan memberikan kesan adanya hal yang ditutup-tutupi. Kalau fraksi hanya menyatakan adanya kesalahan saja tanpa dibarengi dengan pihak yang bertanggung jawab, maka komitmen fraksi untuk menyelesaikan kasus ini dipertanyakan.
“Kalau kemudian ditutup-tutupi dan dihalangi maka menunjukkan bahwa pernyataan agar semua dibuka hanya retorika dan partai politik hanya basa-basi mendukung pansus,” katanya dihadapan anggota Tim Sembilan.
Pada Selasa sore, lima anggota Tim Sembilan bertemu dengan Din Syamsuddin dan tokoh Muhammadiyah serta tokoh agama lain untuk menyampaikan hasil kerja pansus dan menegaskan komitmen untuk menuntaskan kasus tersebut.
Lima anggota Tim Sembilan yang hadir yaitu Maruarar Sirait dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Andi Rahmat dari Partai Keadilan Sejahtera, Akbar Faizal dari Hanura, Chandra Tirtawijaya dari Partai Amanat Nasional, dan Kurdi Muchri dari Partai Persatuan Pembangunan.
Dalam pertemuan tersebut Maruarar menyampaikan permintaan dukungan dan doa dari para tokoh masyarakat agar masalah Bank Century ini dapat diselesaikan. “Kita mau DPR nyambung dengan yang di luar, jangan menjadi eksklusif. Harus ada komunikasi untuk itu kami mendatangi orang-orang yang bisa merepresentasikan pandangan publik,” katanya.
Sementara itu, Andi Rahmat menyampaikan dalam melaksanakan tugasnya, Pansus sering mengalami hambatan yakni berkaitan dengan pencarian data. Ia menegaskan, kasus Bank Century ini tidak akan berhenti hingga di ranah politik saja. Kesimpulan pansus tentang Bank Century akan didorong untuk ditindaklanjuti oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ant/rei

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya