SOLOPOS.COM - Ilustrasi (AFP)

Ilustrasi (AFP)

KATHMANDU--Mengenaskan, seorang bocah berusia 12 tahun di Nepal tewas ditembak oleh ayahnya sendiri. Sang ayah salah mengira putranya yang tengah memanjat pohon sebagai kera yang hendak mencuri buah-buahan di ladangnya.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Insiden tragis ini terjadi di sebuah wilayah terpencil di selatan Nepal, Arghanchi, pada Jumat (24/8/2012) waktu setempat. Saat itu, bocah bernama Chitra Bahadur Pulami ini tengah memanjat salah satu pohon di ladang milik keluarga untuk menghalau kera yang kerap mengganggu mereka.

Di saat yang bersamaan, sang ayah yang bernama Gupta Bahadur memergoki aksi tersebut dan parahnya dia mengira putranya sebagai seekor kera yang hendak mencuri buah-buahan. Pria berusia 55 tahun ini melepas tembakan ke arah putranya tersebut.

“Bocah tersebut bersembunyi di atas sebuah pohon di ladang mereka untuk menghalau kera-kera yang kerap mencari makanan di ladang jagung. Si bocah tewas seketika setelah Gupta Bahadur salah mengiranya sebagai kera dan melepas tembakan. Hasil penyelidikan awal menunjukkan bahwa sang ayah tidak menyadari bahwa putranya tengah berada di ladang untuk mengejar kera,” jelas Inspektur Kepolisian Distrik Arghakhanchi, Arun Poudel, seperti dilansir oleh AFP, Senin (27/8/2012).

“Baik Gupta Bahadur maupun senjata yang dia gunakan untuk menembak putranya saat ini berada di bawah penahanan dan pengawasan polisi,” imbuhnya.

Di Nepal, banyak kera yang berkeliaran dan kerap menjamah wilayah pemukiman maupun ladang-ladang milik warga setempat. Kendati demikian, ada tiga spesies kera yang disakralkan oleh penduduk setempat, yakni kera jenis rhesus, kemudian kera jenis Assamese, dan lutung. Terhadap ketiga jenis tersebut, warga setempat biasanya hanya menghalau mereka untuk pergi tanpa melukainya.

“Saya menyadari kesalahan fatal saya ketika anak saya jatuh ke bawah dan tersangkut di salah satu dahan pohon,” demikian keterangan Gupta seperti dikutip kepolisian setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya