SOLOPOS.COM - Keseruan acara UKSW Jumpa Ortu (UJO) di Gereja Maranatha Ambon, Jumat (6/10/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., berkesempatan menyapa orang tua mahasiswa dan siswa SMA/SMK di Ambon, Jumat (6/10/2023) sore.

Kegiatan bertajuk UKSW Jumpa Ortu (UJO) ini diselenggarakan di Gereja Maranatha Ambon. Ratusan siswa dari 30 SMA/SMK di Ambon serta puluhan orang tua dan alumni UKSW memeriahkan kegiatan ini.

Dalam kegiatan yang dikemas secara fun ini, Rektor Intiyas menyampaikan kabar-kabar terbaru dari UKSW.

Salah satu kabar terbaru dari kampus UKSW yang disampaikan Rektor Intiyas adalah dibukanya Program Studi Kedokteran di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Rektor Perempuan pertama di UKSW ini menekankan bahwa salah satu yang membedakan UKSW dengan kampus lainnya adalah suasana kuliah yang nyaman.

Interaksi antara dosen, mahasiswa dan juga tenaga kependidikan yang penuh kekeluargaan ikut mendukung proses perkuliahan di UKSW dan menjadi pembeda dengan kampus lainnya.

Di kampus yang mendapat julukan sebagai Kampus Indonesia Mini ini, Rektor Intiyas menekankan UKSW memberikan kemerdekaan bagi mahasiswanya untuk mengembangkan talenta dan terus berinovasi.

Kurikulum Talenta Merdeka yang dicanangkan UKSW membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk membuat berbagai inovasi untuk menggantikan skripsi.

Dicontohkannya, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi bisa mengganti tugas akhirnya dengan memproduksi film dan ada beberapa kegiatan dan prestasi yang dapat dikonversi menjadi pengganti tugas akhir.

“Kampus UKSW juga memberikan ruang bagi mahasiswanya untuk belajar di luar kampus, di luar program studi yang dipilihnya,” imbuh Rektor Intiyas.

Saat ini, UKSW telah mendapatkan akreditasi institusi Unggul.

UKSW memiliki 63 program studi mulai jenjang D3, D4, S1, S2 dan juga S3; UKSW juga Tengah mempersiapkan diri untuk menjadi world class university dengan mengikuti perangkingan QS World University Rankings.

Langkah ini ditempuh UKSW yang tahun ini tepat berusia 67 tahun untuk mempercepat langkah internasionalisasi.

Rektor Intiyas tak lupa menyampaikan terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk kuliah di UKSW.

Ferdinand Tuhumury, orang tua mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM) menyampaikan terima kasihnya atas didikan yang diberikan kampus untuk putrinya.

Disampaikannya, putrinya yang mengambil kuliah di Program Studi Hubungan Internasional ini mendapatkan pengalaman mengikuti kegiatan kancah internasional di Thailand.

Lainnya, Edo Luturmas yang juga alumni UKSW menyampaikan jika pendidikan kedua putra putrinya dipercayakan ke UKSW. Disampaikannya salah satu yang menjadi keunggulan UKSW adalah suasana perkuliahan yang nyaman.

Kepala Divisi Promosi dan Komunikasi Publik (DivPromKomBlik) UKSW Nina Setiyawati, S.Kom., M.Cs., menuturkan OJU pertama kali diselenggarakan di Ambon dan akan diadakan di kota-kota lainnya.

Disampaikannya, OJU menjadi salah satu media yang diselenggarakan UKSW sebagai bentuk terima kasih kepada orang tua mahasiswa yang telah mempercayakan putra-putrinya berkuliah di UKSW Salatiga.

Nina Setiyawati dalam kesempatan ini juga menyampaikan terima kasihnya kepada Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si., yang telah mendukung UKSW dengan mengajak SMA/SMK di Kota Ambon maupun di luar Ambon untuk datang dan mendapatkan informasi terbaru dari UKSW di acara ini.

Selain Rektor Intiyas, UJO kali ini juga dihadiri Rektor Ketiga UKSW Prof. Dr. Willi Toisuta, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (KK) Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM., Ph.D., (AFHEA).

Hadir pula Direktur Direktorat Penjaringan Beasiswa dan CSR Pratiwi Cristin Harnita, S.Sos., M.I.Kom.; Direktur Direktorat Kemahasiswaan Giner Maslebu, S,Pd., S.Si., M.Si.; serta Kepala Campus Ministry Pdt. Ferry Nahusona, M.Si.

Selain itu, sejumlah dosen berbagai fakultas, dekan sejumlah fakultas turut hadir.

Mereka adalah Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Umbu Rauta, S.H., M.Hum; Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM) Drs. Daru Purnomo, M.Si., Dekan FKIK Ir. Ferry F. Karwur, M.sc., Ph.D.; Dekan Fakultas Teologi Pdt. Izak Lattu, Ph.D., serta Ketua Ikatan Alumni Satya Wacana (Ikasatya) Cabang Ambon Pdt. Drs. I. H. Hetharia, M.Si, dan Sekretaris Ikasatya Cabang Ambon Dr. S. P. Soegiyono, M.Si.

Rekomendasi
Berita Lainnya