SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,3 mengguncang wilayah Gorontalo pukul 07.34 WIB, Rabu (18/1/2023).

BMKG mencatat gempa bumi itu berpusat di 0,07 lintang selatan,123,28 bujur timur atau 69 km tenggara Bonebolango, Gorontalo dengan kedalaman 138 km.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Sejumlah warga Kota Gorontalo mengaku panik dan pusing akibat gempa dengan berkekutan Magnitudo 6,3 yang terjadi beberapa menit di wilayah tersebut.

“Saya merasa pusing karena goyangannya beda dengan gempa-gempa biasanya, apalagi cukup lama,” kata warga Kota Gorontalo, Neny Nasution, di Gorontalo.

Warga Kota Gorontalo lainnya, Oci, langsung lari ke luar rumah untuk menyelamatkan diri saat gempa terjadi.

“Biasanya kalau gempa ada getaran, tapi kali ini terasa diayun-ayun dan membuat saya pusing,” ungkapnya.

Sebelumnya, gempa juga mengguncang Kabupaten Maleng berkekuatan Magnitudi 5,1, Selasa (17/1/2023). Menurut keterangan BMKG, gempa itu tidak berpotensi tsunami. Gempa terjadi di kedalaman 17 km dengan pusat gempa di 125 km barat daya Kabupaten Malang, tepatnya di koordinat 9,26 lintang selatan-112,49 bujur timur.

Wilayah Malang adalah salah satu kawasan yang rawan gempa. Pada tahun 2021 lalu sejumlah warga Malang meninggal dunia akibat gempa di wilayah yang sama.

Sehari sebelumnya terjadi gempa bumi berkekuatan 6,2 Magnitudo di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Saat itu pusat gempa berada pada 47 km tenggara Kabupaten Aceh Singkil. BMKG merilis parameter gempa berpusat di laut dengan kedalaman 23 km dan tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa terdapat di lintang 1.91 LU bujur 97.83 BT di kedalaman 23 km (Sumatra Utara). Lokasinya di 47 km Tenggara Aceh Singkil atau 74 km timur laut Gunung Sitoli, Sumatra Utara atau 74 km timur laut Nias Utara, Sumatra Utara atau 209 km barat daya Medan, Sumatra Utara atau 1.343 km barat laut Jakarta.

Baca Juga

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya