SOLOPOS.COM - Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo berpegangan tangan seusai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Solopos.com, SOLO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan debat Pilpres 2024 putaran ketiga yang mempertemukan tiga calon presiden (capres) bakal digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh anggota KPU RI, August Mellaz, seusai menggelar rapat persiapan debat ketiga bersama pihak tim pasangan calon presiden/wakil presiden serta media TV penyelenggara debat.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

“Jadi, untuk debat ketiga itu akan dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2023 bertempat di Istora Senayan,” kata anggota KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (3/1/2024).

Dia menyebut ada pengembangan dari empat tema menjadi enam tema debat, sebab ada beberapa tema sebelumnya yang mendapatkan perluasan.

Keenam tema tersebut meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

“Kemarin kan posisinya empat tema. Nah, pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri, kemudian hubungan internasional kami expand dengan globalisasi, lalu geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami expand dengan politik luar negeri,” jelasnya seperti dikabarkan Antara.

Sementara untuk format debat tidak mengalami perubahan seperti Debat Capres 2024 sebelumnya. Oleh karena itu, segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang dimulai lebih dahulu oleh capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, dan ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan oleh masing-masing capres pada segmen keenam.

“Perubahan itu akan terjadi karena venue saja. Lokasinya akan berbeda, tetapi sedapat mungkin layout dan sebagainya tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan debat kedua di JCC,” jelasnya.

Ia mengatakan pihaknya juga akan tetap menyediakan podium pada debat kedua capres tersebut.

Sebagaimana diketahui, debat kali ini merupakan kesempatan kedua bagi para capres untuk meyakinkan publik sebelum memberikan suara pada Pemilu 2024 nanti.

Setelah ini, rangkaian debat capres/cawapres dijadwalkan masih berlangsung dua kali lagi, yakni pada21 Januari 2024 dan 4 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya