SOLOPOS.COM - Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menggelar kuliah tamu bertajuk "Artificial Intelligence (AI)" di Bidang Pertanian, melalui Zoom Meeting, Jumat (03/03/2023).

Solopos.com, SALATIGA – Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menggelar kuliah tamu bertajuk “Artificial Intelligence (AI)” di Bidang Pertanian, Jumat (03/03/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting serta disiarkan melalui kanal Youtube FPB UKSW diikuti oleh dosen, mahasiswa dan sejumlah tamu undangan.

Dekan FPB Dr. Ir. Bistok Hasiholan Simanjuntak, M.Si., mengatakan bahwa FPB telah mengikuti perkembangan ilmu pertanian mulai dari pancausaha tani, revolusi hijau hingga era 4.0 berbasis Information and Technology (IT). Era digitalisasi tersebut sudah merambat di bidang pertanian, sehingga sektor pertanian tidak hanya dikelola secara konvensional.

Dalam sambutannya, Bistok Hasiholan Simanjuntak mengajak peserta yang hadir dalam kuliah tamu untuk berdiskusi mengenai pentingnya peran AI dalam bidang pertanian. Kegiatan ini menjadi salah satu role model untuk perkuliahan ke depan. Pengembangan role model dalam perkuliahan harus berbasis IT dengan prinsip industri pertanian.

“Pada saat ini sektor pertanian tidak lagi dikelola secara konvensional melainkan beralih pada sistem IT. Pada kegiatan kuliah tamu sesi dua ini, FPB berinisiatif mengajak semua peserta untuk berdiskusi mengenai AI karena hal ini akan menjadi role model dalam perkuliahan dan bidang pertanian kedepannya,” terang Dekan FPB.

Hindriyanto Dwi Purnomo, Ph.D, Dosen Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKSW dihadirkan sebagai narasumber tunggal dalam kuliah tamu kali ini. Associate Professor tersebut menerangkan bahwa kemunculan internet menjadi pemicu dalam era informasi dan AI menjadi salah satu pilar utama pada era industri 4.0.

Peran AI

Lebih lanjut disampaikannya tantangan sektor pertanian saat ini adalah pemenuhan kebutuhan pangan di Indonesia, oleh karena itu perlu terobosan baru untuk meningkatkan produktivitas di bidang pertanian.

“Untuk menjawab tantangan dalam memenuhi kebutuhan pangan, AI memiliki potensi besar dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas di bidang pertanian. AI digunakan untuk menganalisa data yang ada di lapangan,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, beberapa manfaat AI dalam bidang pertanian antara lain untuk pemantauan dan pengolahan lahan, pemantauan tanaman, melakukan prediksi dan peramalan yakni prediksi cuaca, kondisi lahan, penyebaran penyakit, harga pasar dan lain-lain.

Suasana hangat dan santai tercipta antara peserta dengan pembicara. Peserta yang hadir dalam kuliah tamu ini sangat antusias ditandai dengan banyaknya pertanyaan pada sesi diskusi.

Selain kuliah tamu sesi dua ini, sebelumnya telah diselenggarakan kuliah tamu sesi satu dalam menyambut Dies Natalis FPB UKSW ke-56, bersama Syach Fahreza, S.P alumni FPB tahun 2023 yang saat ini bekerja sebagai Supervisor di Lanskap Imperial Klub Golf Karawaci. Puncak peringatan Dies Natalis FPB ke-56 akan digelar dengan perayaan ibadah syukur yang dilayani oleh Pdt. Yefta Setiawan Krisgunadi, Jumat (10/03/2023). Peringatan Dies Natalis tahun ini mengangkat tema “Berkarya Memuliakan Allah dalam Satu Hati” dengan dasar firman Tuhan dari kitab Roma 15:5-6.

Rekomendasi
Berita Lainnya