SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

ilustrasi.dok

BANJARNEGARA— Aktivitas Gunung Dieng terus meningkat. Bahkan pada Jumat (15/3/2013) terjadi gempa yang dirasakan di sejumlah daerah. Akibatnya warga yang sedang beraktivitas di ladang berlarian pulang ke rumah.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono dalam Blackberry Messenger-nya kepada Harian Jogja mengatakan gempa terjadi sekitar pukul 09.15 WIB. Getaran terjadi di sekitar Kawah Timbang yang sedang bergejolak dan terasa hingga daerah Pekasiran dan Desa Wanapria.

”Masyarakat yang sedang beraktivitas di ladang berlarian pulang ke rumah masing-masing,” kata Surono, Jumat (15/3/2013).

Dalam 24 jam terakhir aktivitas Kawah Timbang yang berada di Banjarnegara itu juga terus tinggi. Berdasarkan catatan PVMBG pada  Kamis (14/3/2013) dari pukul 00.00 WIB-24.00 WIB terjadi tiga kali gempa vulkanik dalam. Sementara pada Jumat (15/3/2013) pukul 00-06 WIB terjadi dua kali gempa vulkanik dalam.

Padahal dalam kondisi normal satu bulan tidak lebih terjadi 10 kali gempa.Karena tingginya risiko, pengukuran gas juga hanya dilakukan pada jarak 250 meter dari kawah.

Surono berharap aktivitas Dieng akan tetap bertahan di level Waspasa ”Semoga Gunung Dieng masih Waspada,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya