SOLOPOS.COM - Wakil Ketua Parlemen Uni Eropa, Eva Kaili dicopot dari jabatannya , Selasa (13/12/2022), karena diduga menerima suap dari Qatar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Piala Dunia Qatar 2022 memakan korban. Wakil Ketua Parlemen Uni Eropa, Eva Kaili dicopot dari jabatannya , Selasa (13/12/2022), karena diduga menerima suap dari Qatar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Anggota Parlemen Eropa (MEP) diketahui telah memberikan suara 625 banding satu untuk mencopotnya.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Melansir laman Channel News Asia, Selasa, Presiden Parlemen Uni Eropa Roberta Metsola, menyerukan pemungutan suara setelah mencapai kesepakatan dengan para pemimpin kelompok politik parlemen di tengah kekhawatiran tentang skandal tersebut akan menyebar.

Kaili diketahui pekan lalu dalam serangkaian penggerebekan oleh penyelidik korupsi Belgia di rumah dan kantor beberapa anggota parlemen dan asisten atau rekan mereka.

Baca Juga: Gempita Piala Dunia Qatar, 400 Nyawa jadi Tumbal

Beberapa dari kantong uang ini ditemukan di rumah Kaili.

Sumber peradilan Belgia mengatakan para penyelidik percaya tokoh-tokoh yang mewakili monarki Teluk Qatar telah membayar politisi Eropa untuk memoles citra negara.

Qatar adalah pemasok energi utama ke Eropa, dan memainkan peran perantara penting dalam beberapa konflik diplomatik, tetapi juga dikritik karena dugaan penganiayaan terhadap pekerja migran, yang paling terkenal adalah mereka yang membangun stadion Piala Dunia.

Baca Juga: Stadion Piala Dunia 2014 Berubah Jadi Tempat Parkir Bus

Kaili mengunjungi Qatar tepat sebelum kompetisi dan menyebutnya sebagai pelari terdepan dalam hak-hak buruh, yang membuat para aktivis dan beberapa rekannya khawatir.

Dia juga membela upaya Qatar untuk memenangkan pembebasan visa Uni Eropa bagi warganya.

Qatar membantah terlibat dalam korupsi Eropa.

Baca Juga: Peserta Piala Dunia 2026 Tambah 16 Negara, Indonesia Realistis Saja

“Setiap klaim pelanggaran oleh Negara Qatar sangat salah informasi,” kata seorang pejabat Qatar kepada AFP.

Pengacara Kaili, Michalis Dimitrakopoulos mengatakan kepada saluran televisi swasta Yunani Open TV bahwa Kaili tidak bersalah.

“Posisinya adalah dia tidak bersalah. Dia tidak ada hubungannya dengan suap Qatar.”

Baca Juga: Prediksi Skor Argentina Vs Kroasia di Piala Dunia 2022: Penuh Ambisi

Ditanya apakah ada uang tunai yang ditemukan di rumah Kaili, Dimitrakopoulos berkata, “Saya tidak membenarkan atau menyangkal. Ada kerahasiaan. Saya tidak tahu apakah uang itu ditemukan atau berapa banyak yang ditemukan.”

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Wakil Ketua Parlemen Uni Eropa Dicopot, Diduga Terima Suap dari Tuan Rumah Piala Dunia Qatar”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya