SOLOPOS.COM - Ayah Mario Dandy, Rafael Alun Trisambodo, (Twitter)

Solopos.com, JAKARTA — Mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo diduga melakukan pencucian uang dengan menggunakan jasa konsultan pajak.

Indikasi pencucian uang Rafael Alun itu kini sedang diusut KPK.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah memblokir sejumlah rekening terkait dengan Rafael, di antaranya merupakan konsultan pajak.

KPK menjelaskan modus dan peran dari konsultan pajak yang diduga menjadi perantara atau nomine dalam transaksi mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

“Diduga konsultan jadi nomine untuk penerimaan RAT [Rafael Alun Trisambodo]. Nanti yang bersangkutan ambil dananya dari konsultan,” ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan kepada Bisnis dan dikutip Solopos.com, Senin (6/3/2023).

Pahala mengatakan pemblokiran akan dilakukan terhadap pihak-pihak yang terkait dengan hasil proses klarifikasi terhadap Rafael.

“Iya [akan ada pemblokiran rekening lagi ke depannya],” ujar Pahala.

Untuk diketahui, nominee merupakan modus yang dilakukan pelaku pencucian uang, bekerja untuk menyamarkan uang yang diduga dari hasil tindak pidana.

Terbaru, konsultan pajak yang dibicarakan oleh KPK ini berjumlah dua orang diduga mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Pahala Nainggolan mengaku telah mengantongi data kedua mantan pejabat DJP tersebut.

“Sudah [kantongi data]. Yang kita dapat dua,” kata Pahala.

Dari informasi yang diterima Bisnis, dua konsultan pajak yang membantu Rafael Alun ini kini diduga telah kabur ke luar negeri.

PPATK menduga ada keterlibatan mantan pegawai pajak yang juga bekerja pada konsultan tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, Bisnis masih mencoba mencari informasi lebih lanjut mengenai konsultan pajak Rafael Alun.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Diduga Kabur, Konsultan Pajak Rafael Alun Ternyata Mantan Pegawai DJP”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya