SOLOPOS.COM - Foto Demi Leigh Nel Peters yang dianggap melakukan rasisme (Metro.co.uk)

Miss Afrika Selatan 2017 dikecam lantaran dianggap melakukan tindakan rasisme.

Solopos.com, JOHANNESBURG – Demi Leigh Nel Peters, 22, Miss Afrika Selatan, mendapat kecaman dari warganet seusai membagikan fotonya di media sosial. Bukan tanpa alasan, dalam foto itu, ia tampak mengenakan sarung tangan karet saat menyuapai anak-anak Negro yang mengidap HIV. Foto tersebut diambil saat ia mengikuti kegiatan sosial di Johannesburg, Afrika Selatan.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Dilansir Metro, Selasa (11/7/2017), selain itu, ada pula foto saat Nel Peters mengikuti kegiatan sosial bersama anak-anak berkulit putih. Menariknya, dalam foto itu ia terlihat akrab dengan memeluk anak tersebut. Warganet menilai Nel Peters sengaja memakai sarung tangan lantaran jijik menyentuh anak-anak Negro pengidap HIV itu.

Tindakannya itu menyinggung perasaan warganet. Alhasil, mereka melontarkan berbagai komentar terkait hal itu melalui lini masa Twitter. Tapi, dengan cepat Nel Peters membantah semua tuduhan tersebut. Ia tidak terima dianggap melakukan tindakan rasisme hanya karena mengenakan sarung tangan. Sebab, menurutnya semua relawan yang mengikuti acara tersebut mengenakan sarung tangan seperti dirinya.

“Aku tidak bermaksud menyakiti hati siapapun. Jika kalian lihat, semua relawan di sana mengenakan sarung tangan yang sama. Hal ini sengaja dilakukan guna menjaga kebersihan makanan yang kami bagikan kepada anak-anak itu,” kata Nel Peters.

Lebih lanjut Nel Peters meminta maaf kepada warganet. Ia sadar betul sebagai Miss Afrika Selatan segala tindakannya akan menjadi sorotan. Namun, ia tak menyangka foto itu akan membuat heboh.

“Aku memakai sarung tangan hanya untuk alasan kebersihan, tidak lebih. Aku sangat sedih niat baikku ini membuat banyak orang salah paham. Aku minta maaf atas ketidaknyamanan ini,” sambung dia.

Foto dengan tagar #MissSAchallenge (Twitter)

Foto dengan tagar #MissSAchallenge (Twitter)

Sayangnya, permintaan maaf Nel Peters kurang mendapat repons positif dari warganet. Mereka malah mencuitkan tagar #MissSAchallenge di Twitter untuk menyindir perilakunya. Melalui tagar tersebut, warganet lantas mengunggah foto aktivitas sehari-hari mengenakan sarung tangan seperti yang dilakukan Nel Peters. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya