SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022). (Antara/Hafidz Mubarak A.)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo mewanti-wanti kepada para elite partai politik untuk tidak sembarangan memilih calon presiden dan wakil presiden. Menurut Jokowi, jabatan presiden layaknya seorang pilot.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam peringatan HUT ke-58 Partai Golkar, Jumat (21/10/2022).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Dalam acara itu hadir antara lain tokoh senior Partai Golkar, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Jusuf Kalla, hingga Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

“Jangan sembarangan memilih calon presiden dan wakil presiden,” kata Jokowi.

Baca Juga: Kemenkes Datangkan Fomepizole, Obat Gagal Ginjal Akut dari Singapura

Jokowi mengibaratkan pemilihan capres dan cawapres itu seperti memilih pilot. Dia menyebut pilot adalah representasi capres yang akan membawa penumpang sangat banyak, seluruh rakyat Indonesia.

“Penumpangnya banyak sekali seluruh rakyat Indonesia,” ujar dia.

Presiden Jokowi kemudian melanjutkan ceritanya tentang pemilihan pilot di suatu perusahaan penerbangan. Dalam ceritanya itu, ada dua calon pilot.

Pilot pertama, kata Jokowi, mengatakan akan mematuhi hukum penerbangan internasional dan akan terbang di ketinggian 30 ribu kaki.

Baca Juga: Menteri Nadiem Minta Pelaku Kekerasan Seksual di Kampus Diberi Sanksi Tegas

Sedangkan pilot kedua mengatakan semua calon penumpang akan saya dudukkan di kelas bisnis. Seluruh penumpang akan diberi tiket diskon.

Dia kemudian bertanya kepada hadirin lebih tertarik yang mana. Menurut Jokowi, pasti banyak yang tertarik dengan pilot nomor dua. Hal ini karena semua penumpang diberikan kelas bisnis dan diskon tiket. Namun, Jokowi mengingatkan agar berhati-hati.

“Yang milih nomor 2 itu hati-hati. Karena pasti karena emosional dan kurang informasi, dan sebetulnya tawarannya tidak masuk akal. Sudah diberikan kelas bisnis semua kemudian tiketnya didiskon, menarik sekali tetapi tidak masuk akal,” kata Jokowi.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Jokowi Ingatkan Hati-hati Pilih Capres di Depan AHY dan Surya Paloh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya