SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Rencana event car free night yang dipelopori oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) membawa perbedaan tersendiri dalam perayaan tahun baru sebelumnya di Jakarta.

Pasalnya, selama ini perayaan tahun baru di Jakarta lebih terpusat di Ancol. Kali ini, sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin akan menjadi saksi kemeriahan pesta akhir tahun di Jakarta.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 16 panggung disediakan untuk memeriahkan acara yang diberi nama Jakarta Night Festival. Panggung-panggung itu akan menampilkan beragam pertunjukan. Diprediksi 50 ribu warga Jakarta akan memadati ruas jalan tersebut.

“Kami memprediksi sekitar 50 ribu pengunjung akan tumpah ruah di sepanjang jalan. Tidak menutup kemungkinan warga dari luar Jakarta juga hadir merayakan tahun baru disini.  Ini pertama kali kita adakan dan akan menjadi ikon kota lainnya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budhiman di Jakarta, Minggu (30/12/2012).

Arie menegaskan, acara ini tidak dikenakan biaya sepeserpun. Pembukaan nantinya akan diisi oleh 2.000 pawai karnaval, mulai dari komunitas sepeda sampai seni budaya. Jokowi dipastikan turut serta bersama peserta karnaval yang berjalan kaki mulai dari Balaikota hingga Bunderan Hotel Indonesia.

Untuk pengamanan, Arie menjelaskan pihak Pemprov DKI telah bekerja sama dengan Polda Metro dan sekiranya sebanyak 3.942 personel kepolisian disiagakan untuk mengamankan acara car free night. Selain personel polisi, sebanyak 790 personel TNI juga ikut dilibatkan.

“Khusus untuk car free night disiapkan 3.942 personel dan bantuan dari TNI 790 personel. Tak lupa Satpol PP turut berjaga di sepanjang jalan,” tegasnya.

Lanjut Arie, aparat keamanan akan melakukan pengecekan terhadap kendaraan dan penumpang yang akan memasuki jalur Sudirman-Thamrin. Hal tersebut sebagai upaya antisipasi masuknya senjata tajam atau senjata api.

“Jadi perayaan malam tahun baru nanti diharapkan tidak akan terganggu dengan ulah kelompok tertentu,” pungkasnya.

Lokasi dan waktu pelaksanaan car free night:

1. Pukul 16.00 WIB: Pembatasan kendaraan secara selektif yang akan melintas Jalan Sudirman-Thamrin.

2. Pukul 18.00 WIB: Penutupan ruas Jalan Sudirman dari Bundaran Senayan-Patung Jenderal Sudirman pada jalur cepat dan Patung Sudirman (Jalan Sudirman)-Bundaran Air Mancur/Patung Kuda (Jalan Thamrin)

3. Pukul 19.00 WIB: Penutupan arus lalin mulai dari Bundaran Senayan Jalan Sudirman (jalur cepat dan lambat)-Jalan Thamrin (Bund Air Mancur/Patung Kuda).

4. Pukul 20.00-02.00 WIB: Penutupan secara total ruas Jalan. Sudirman-Thamrin (Pelaksanaan Jakarta Festival Night/Jakarta Car Free Night).

5. Pukul 02.00 WIB: Ruas Jalan Sudirman-Thamrin dibuka secara normal secara selektif untuk memberikan kesempatan penyelenggara hiburan panggung dan pengunjung untuk mempersiapkan diri.

6. Pukul 02.30 WIB: Himbauan untuk segera meninggalkan ruas Jalan Sudirman-Thamrin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya