SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Denpasar–Peringatan hari rabies sedunia pada 4 Nopember 2009 untuk Indonesia akan dipusatkan di Kabupaten Tabanan, Bali.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Nyoman Sutedja di Denpasar, Kamis (29/10) mengatakan, pada peringatan tersebut juga akan diluncurkan rabies center atau pusat penanganan rabies di masing-masing kabupaten dan kota di Bali.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Saat ini rabies center dalam menanggulangi penyakit anjing gila tersebut telah dibangun di sejumlah rumah sakit dan puskesmas. Dari jumlah tersebut yang terbanyak di Denpasar yakni sembilan lokasi,” katanya.

Di sela acara seminar bertema “Peran Kantor Kesehatan Pelabuhan dalam Menghadapi Ancaman Pendemi dan Masalah Kesehatan lainnya” itu,  ia mengatakan, program rabies center tersebut adalah dari Departemen Kesehatan.

“Wabah penyakit rabies yang terjadi di Bali telah mendorong Departemen Kesehatan (Depkes) membangun rabies center di kabupaten dan kota di Bali,” katanya.

Menyinggung mengenai ketersediaan vaksin antirabies (VAR), kata Sutedja, hingga saat ini stoknya sudah mencukupi. Bahkan untuk pengiriman ke Kabupaten Klungkung, Bangli dan Karangasem sudah dilakukannya.

“Pengiriman VAR ketiga kabupaten yang rawan dengan rabies kami sudah lakukan, sehingga warga tidak perlu khawatir akan kekurangan vaksin tersebut,” ujarnya.

Bahkan badan kesehatan dunia (WHO) sudah membantu VAR untuk Bali mencapai sebanyak 6.000 vial.

Sementara di tempat terpisah Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Depkes, Prof dr Tjandra Yoga Aditama mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran wabah rabies di Bali, saat ini pemerintah pusat sudah melatih sejumlah dokter dan petugas untuk penanganan rabies.

“Pelatihan itu dilakukan agar rabies dapat ditangani dengan lebih baik dibanding sebelumnya. Petugas yang kami latih nantinya akan ditempatkan di rabies center, di puskesmas dan rumah sakit di seluruh Bali,” katanya.

Selain akan menyiagakan rabies center di seluruh Bali, pihak Depkes juga akan menggalakkan VAR di seluruh Bali.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya