SOLOPOS.COM - Ilustrasi menolak terorisme dan radikalisme ekstrem. (Antaranews.com)

Solopos.com, JAKARTA – Aparat Densus 88 Polri menangkap tersangka terorisme jaringan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pelaku berinisial AW, 39, diringkus, Minggu (22/1/2023), di sekitar area Jalan Pendowoharjo, Kabupaten Sleman, DIY.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Penangkapan berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

“Telah dilakukan penangkapan satu orang target tindak pidana terorisme berinisial AW,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Polisi Ahmad Ramadhan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan AW merupakan simpatisan ISIS yang aktif mengunggah gambar, video propaganda ISIS di media sosial, dan seruan provokatif untuk melakukan aksi teror.

Selain itu, kata dia, AW diduga akan atau ingin melancarkan aksi teror dengan menggunakan bahan peledak.

Sebelumnya, Tim Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror menangkap 11 orang terduga teroris di Pulau Sumatra pada pertengahan Desember 2022 lalu.

Polri menyebut penangkapan itu sebagai langkah preventive strike atau pencegahan secara tegas.

“Densus 88 melaksanakan kegiatan preventive strike di wilayah Sumatra. Berhasil mengamankan [menangkap] 11 pelaku terduga teroris,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Dedi Prasetyo, di Mabes Polri Jakarta, Senin (19/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya