SOLOPOS.COM - Demo di Bundaran HI (Foto detikcom)

Demo di Bundaran HI (Foto detikcom)

JAKARTA- Sekitar 100-an orang yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) telah memenuhi kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, pagi ini. Mereka merupakan sebagian massa yang ikut dalam aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada 1 Mei.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Pantauan detikcom, Selasa (1/5/2012), sekitar pukul 07.15 WIB, sekitar 100-an orang tersebut tampak mengelilingi air mancur Bundaran HI dan menghadap ke jalan. Mereka terlihat kompak mengenakan kaos berkerah warna biru-putih.

Para buruh yang berasal kawasan Jabodetabek ini menamakan diri mereka Serikat Pekerja Nasional. Mereka bahkan telah meneriakkan sejumlah orasi dari atas mobil pick-up, yang intinya menuntut kesejahteraan buruh dari pemerintah.

“Kami pekerja atau buruh Indonesia menuntut perumahaan bagi para pekerja atau buruh yang layak dan murah atau terjangkau,” teriak salah satu orator.

Sebagian dari mereka membawa bermacam atribut, seperti bendera SPN, poster, dan juga spanduk. Salah satu spanduk bertuliskan: ‘Wahai pemerintah, wahai pengusaha, dengan semangat May Day, sejajarkan antara buruh dan pengusaha.’

Sedangkan, sejumlah personel kepolisian yang bertugas mengawal jalannya unjuk rasa juga telah tampak di lokasi. Sekitar puluhan personel kepolisian terlihat standby di dekat pos polisi kawasan Bundaran HI.

Sementara itu, arus lalu lintas di sekitar Bundaran HI masih terpantau lancar pagi ini. Belum tampak adanya pengalihan arus. terlihat 2-3 polisi tengah sibuk mengatur arus lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya