SOLOPOS.COM - Suasana aksi masa di Jakarta hari ini, Jumat (4/11/2016). (Istimewa/Twitter)

Foto-foto demo 4 November memperlihatkan lautan massa di Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA – Aksi damai demonstrasi terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, digelar hari ini, Jumat (4/11/2016). Masa yang diperkirakan ribuan hingga puluhan ribu tampak memadati banyak tempat krusial di Jakarta.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Tak kalah dari lokasi demonstrasi, lalu lintas perbincangan di media sosial seputar aksi juga tak kalah padat. Hastag #AksiDamai411 menjadi topik paling banyak dibicarakan di laman media sosial Twitter. Bukan hanya itu, foto-foto kumpulan masa aksi bertebaran di sejumlah media sosial.

“Allahu Akbar!! Lautan manusia di Istiqlal #AksiDamai411,” demikian tulis salah seorang netizen melalui Twitter.

(Istimewa/Twitter/@Netizen_News)

(Istimewa/Twitter/@Netizen_News)

Tak jarang ada pula yang mengomentari lautan manusia ini seperti suasana di Mekkah saat ibadah haji. Apalagi, massa peserta demonstrasi kompak memakai atribut serba putih.

“Gue cuma bisa nangis. Siapalah gue ditengah ribuan manusia kesayangan Allah ini. Gimana rasanya Naik Haji ya :’),” kata Fabi Abimanjoe yang mengunggah foto massa yang menyebut di sekitaran Masjid Istiqlal, Jumat siang, setelah salat Jumat.

Sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam akan melakukan aksi unjuk raksa pada hari ini.

(Istimewa/Twitter/@Netizen_News)

(Istimewa/Twitter/@Netizen_News)

Dilansir Okezone, Jumat, Rencananya demonstran memulai aksinya usai menunaikan salat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan, setelah salat Jumat, para demonstran langsung berjalan kaki melalui Lapangan Banteng, lalu ke Jalan Pejambon untuk menuju ke kantor Bareskrim Polri di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat.

(Istimewa/Twitter/Mustofa Nahra)

(Istimewa/Twitter/Mustofa Nahra)

Selanjutnya, demonstran langsung bergeser ke Balai Kota DKI Jakarta melalui Jalan Medan Merdeka Selatan dan bergerak kembali ke Bundaran Patung Kuda dan berbelok kanan melalui Jalan Medan Merdeka Barat untuk menuju ke depan Istana Merdeka.

Masa memadati kawasan Masjid Istiqlla. (JIBI/Antara/Wahyu Putro A.)

Masa memadati kawasan Masjid Istiqlla. (JIBI/Antara/Wahyu Putro A.)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya