SOLOPOS.COM - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat membuka Kongres Nasional ke-41 Syarikat Islam secara daring, dari Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Jumat (03/12/2021). (Foto: kominfo.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Ma’ruf Amin rencananya sudah akan ada di Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022) petang, untuk menghadiri ijab kabul putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022) pagi.

Ma’ruf Amin saat ini sedang menghadiri Mukernas II Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tahun 2022, di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Wapres bersyukur waktu penyelenggaraan Mukernas II MUI dimajukan dari sebelumnya Jumat (9/12/2022) menjadi Kamis (8/12/2022).

Tempat penyelenggaraan juga diubah dari rencana awal di Lampung, menjadi di Jakarta.

Baca Juga: Tak Hadir ke Pernikahan Kaesang Pangarep, Surya Paloh Surati Presiden Jokowi

“Saya bersyukur waktunya diubah, kebetulan. Karena besok saya ke pertemuan KPK sedunia, dan sorenya saya ke Solo untuk menghadiri pernikahan anak Presiden,” ujar Wapres seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dia mengatakan, jika Mukernas II MUI dilaksanakan di Lampung hari Jumat dirinya akan sulit menghadiri agenda lain.

Pernikahan Kaesang dengan Erina diselenggarakan Sabtu (10/12/2022) di Yogyakarta dan resepsinya digelar sehari setelahnya di Solo.

Baca Juga: AHY dan SBY bakal Hadir ke Pernikahan Kaesang Pangarep

Rencanaya, Wapres Ma’ruf Amin akan menyampaikan khotbah nikah saat prosesi akad nikah Kaesang Pangarep di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono, pada Minggu (11/12/2022) bakal dihadiri banyak tokoh nasional dan pejabat negara.

Sejumlah tokoh dan pejabat negara telah mengkonfirmasi bakal hadir ke pernikahan Kaesang kecuali Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Baca Juga: Panglima TNI Terjun Langsung Cek Pengamanan Acara Nikahan Kaesang-Erina di Solo

Surya Paloh tidak dapat menghadiri undangan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono karena sedang berobat ke Jerman.

Surya Paloh berkirim surat kepada Presiden Jokowi atas ketidakhadirannya di pernikahan Kaesang.

“Mohon maaf, Bapak Surya tidak bisa hadir memenuhi undangan karena tengah berobat yang sudah terjadwal dari tahun lalu ke Jerman,” kata Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, Charles Meikyansah dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga: Kaesang Pangarep Antar Undangan Pernikahan ke Cikeas, SBY Janjikan Hadir

Surya Paloh, kata dia, menyampaikan ucapan selamat menempuh hidup baru dan berbahagia kepada pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

“Bapak Surya berkirim surat ke Pak Jokowi dan ucapkan selamat untuk kedua mempelai dan keluarga besar Presiden Jokowi,” tuturnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Anggota Komisi XI DPR ini menjelaskan, Surya Paloh berada di luar negeri sejak 24 November 2022 hingga awal Januari 2023.

Meski di luar negeri, Surya tetap memberikan doa yang terbaik untuk pasangan Kaesang dan Erina.

Baca Juga: Beri Mahar Erina Gudono Rp300.000, Kaesang: Kalau Rp100 Juta Mahal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya