SOLOPOS.COM - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan menunjukkan gambar pesawat Polri berharga nyaris Rp1 triliun, di Bareskrim, Jumat (14/7/2023). (Bisnis - Anshary Madya Sukma)

Solopos.com, JAKARTA — Mabes Polri membeli pesawat terbang berharga hampir Rp1 triliun untuk operasional menghadapi Pemilu 2024.

Pesawat senilai total Rp995 miliar itu untuk keperluan operasi hingga bantuan kemanusiaan.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan pesawat itu memudahkan operasional ke tempat yang dituju dengan cepat.

“Oleh karena itu Polri memerlukan pesawat terbang untuk transportasi dalam rangka supervisi, Kodal, dan angkut pasukan, serta untuk distribusi bantuan kemanusiaan, termasuk angkutan logistik barang, barang berbahaya atau dangerous goods, berupa senjata dan amunisi dalam jumlah besar secara cepat dan tepat menuju daerah tujuan,” kata Ramadhan di Bareskrim, Jakarta, Jumat (14/7/2023).

Menurut Ramadhan, apabila menggunakan pesawat sipil maka gerak kepolisian akan terhambat karena harus menyesuaikan dengan jadwal penerbangan serta mengikuti regulasi penerbangan sipil.

Kemudian, untuk perincian nilai kontrak Rp995 miliar sesuai surat perjanjian paket pekerjaan pengadaan barang No.SPBB 259/Mendesak Rojianstra/11 LO441/2022 tanggal 25 November 2002.

Secara terperinci, pengadaan basic pesawat senilai Rp664 juta, kemudian mulai dari modifikasi kabin, sparepart pemeliharaan selama satu tahun, hingga pengadaan perlengkapan operasional air crew Rp330 miliar.

“Jadi anggaran tersebut dibagi dua ya. Dalam proses pengadaan pesawat ini slok cek polri telah melibatkan beberapa pihak yang berkompeten dengan tujuan agar proses pengadaan berjalan secara transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Spesifikasi singkatnya, pesawat terbang Polri ini berasal dari Boeing Company Amerika Serikat dengan tahun pembuatan 2019.

Adapun kapasitas kursi yang semula 184 kursi telah dimodifikasi menjadi empat seat premium bisnis, 16 seat bisnis dan 114 seat ekonomi.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Polisi Beli Pesawat Hampir Rp1 Triliun untuk Operasional Hadapi Pemilu 2024”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya