News
Minggu, 7 Januari 2024 - 20:08 WIB

Debat Ketiga Capres 2024, Strategi Ganjar untuk Pertahanan: Masuk Wilayah 5.0

Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Debat Ketiga Capres 2024. (Youtube/KPU RI)

Solopos.com, SOLO — Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo dalam Debat Ketiga Capres 2024 menyinggung Ibu Kota Nusantara (IKB) sebagai pusat gravitasi baru.

Dalam debat bertemakan Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik itu, Ganjar menyebut akan melapisi sistem pertahanan Indonesia dengan benteng pertahanan Nusantara yang menjadi satu kesatuan.

Advertisement

Hal ini untuk menghadapi ancaman perang global antara Amerika Serikat dan China. “Sistem pertahanan rakyat semesta kita dorong, kita lapisi pertahanan yang berlapis dan jadikan benteng pertahanan Nusantara sebagai satu kesatuan. Dan perlu melakukan penataan gelar pasukan karena IKN jadi pusat gravitasi baru. Ini bagian dari tarung global Amerika Serikat dan Tiongkok,” kata Ganjar yang disiarkan langsung di kanal Youtube KPU RI (7/1/2024).

Di Debat Ketiga Capres 2024 itu, Ganjar menyebut untuk mewujudkan itu semua diperlukan strategi dengan masuk wilayah 5.0 dan khusus memberikan anggaran 1-2% dari PDB untuk Kementerian Pertahanan.

“Untuk itulah Pertahanan lah harus masuk wilayah 5.0 dengan teknologi sakti, rudal hipersonik, senjata cyber. Itu bisa dilakukan jika anggaran Kementerian Pertahanan itu 1-2% dari PDB,” tambah Ganjar.

Advertisement

Sementara itu, capres nomor urut 01 Anies Baswedan lebih menyoroti keamanan siber Indonesia yang belakangan ini kerap mengalami kebobolan. Menurut Anies, dalam beberapa tahun terakhir, banyak serangan virus di HP, komputer dari cyber attack.

Sebagai informasi, dalam debat ketiga ini dipandu langsung oleh moderator Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi. Selain itu, ada 11 panelis dari berbagai perguruan tinggi ikut merumuskan pertanyaan bagi masing-masing capres di Pilpres 2024.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif