SOLOPOS.COM - Muhaimin Iskandar dan Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres 2024. (Youtube/KPU RI)

Solopos.com, SOLO — Cawapres Muhaimin Iskandar menanyakan tips dan trik cara membawa proyek besar seperti di Solo kepada Gibran Rakabuming Raka pada Debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023). Hal ini dipertanyakan agar menjadi gambaran bagi kepala daerah lainnya untuk meningkatkan pembangunan di daerah.

“Mas Gibran ini kan wali kota dan pengusaha yang sukses. Bahkan berbagai proyek besar berhasil dibangun di Solo. Bagaimana sih tips dan triknya agar kepala daerah lain bisa mengerjakan proyek besar seperti di Solo?” tanya Cak Imin.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Gibran menjelaskan, pemerataan pembangunan sudah terjadi di Indonesia. Dia mengeklaim anggaran yang digelontorkan ke Pemkot Solo sebelum dia menjabat justru lebih besar. Namun, saat dirinya menjabat sebagai Wali Kota Solo justru lebih disoroti karena banyak proyek besar yang dikerjakan.

“Indonesia sudah memulai pemerataan pembangunan. Yang dibangun bukan hanya Solo saja, 53% investasi kita sudah di luar Jawa. Kalau kita ingin fair, jumlah proyek, jumlah anggaran yang digelontorkan ke Solo itu lebih besar. Saya tahu lah ini arah pertanyaannya ke mana. Tapi yang jelas, apa yang sudah dibangun, yang kita lihat bukan bangunan fisiknya saja, tapi dampaknya ke warga. Membangun masjid dengan CSR dari Abu Dhabi, impact nya UMKM melesat, kunjungan wisata naik,” jawab dia.

Merasa belum mendapat jawaban yang memuaskan, Cak Imin kembali mempertanyakan tips dan trik yang dilakukan Gibran sebagai Wali Kota Solo.

“Mas Gibran, tips dan triknya apa agar akses pendanaan pembangunan bisa bersifat adil dan merata. Yang menjadi catatan saya adalah keadilan melaksanakan APBN. Kalau kita jadi pemerintah pusat nanti, tugas kita adalah membagi secara adil seluruh proyek nasional,” tandas Cak Imin.

Gibran kemudian menjelaskan mekanisme yang dilakukan, mulai dari menyiapkan kriteria kesiapan hingga berbagai hal-hal non-teknis lainnya.

“Sebelum ada proyek dari pusat masuk. Kita sebagai wali kota harus menyiapkan hal-hal non-teknis, nego dengan warga, kita juga harus berkolaborasi. Saya sering dibantu Pak Ganjar, gubernur saya. Ini kolaborasi. Sebelum itu semua masuk kita harus menyiapkan readiness criteria,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Debat Cawapres 2024 yang dimulai pukul 19.00 WIB itu akan menjadi ajang adu argumen dan gagasan tiga kandidat calon wakil presiden (cawapres) 2024, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

Adapun tema yang akan diperdebatkan adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya