SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md pada Debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023). (Youtube/KPU RI)

Solopos.com, SOLO — Debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023) malam, semakin seru memasuki segmen keempat. Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menanyakan bagaimana regulasi untuk karbon kepada Mahfud Md.

Jawaban Mahfud Md pun tidak spesifik menjelaskan tentang bagaimana membuat regulasi tentang karbon, melainkan menjelaskan tentang prosedur membuat kebijakan.

Promosi Beri Dampak Nyata, Holding UMi Tingkatkan Inklusi & Literasi Keuangan Nasional

“Regulasi itu tidak harus satu per satu spesifik, kecuali proyek pembuatan regulasi sudah ada. Bagaimana pembuatannya? Buat naskah akademiknya, kalau mengikuti prosedurnya seperti apa. Yang terpenting bagi saya, harus ada sistem pengawasan keuangan,” jelas Mahfud Md.

Jawaban itu tidak membuat Gibran puas, dan kemudian mempertanyakan kembali tentang bagaimana regulasi tentang karbon.

“Pertanyaan saya belum dijawab sama sekali. Apa regulasinya pak, simpel sekali pertanyaan saya. Dijawab sesuai pertanyaan yang saya tanyakan. Enggak usah ngambang ke mana-mana,” sahut Gibran sambil sedikit tertawa.

Mahfud Md pun menjelaskan bahwa pertanyaan itu menjadi sesuatu yang baru untuknya, sehingga butuh pemikiran khusus untuk merumuskannya.

“Di dalam ilmu hukum, misalnya saya tanya kepada Anda bagaimana membuat aturan tentang antariksa nasional? Anda pasti tidak akan tahu, karena hukum itu perlu masalahnya dulu apa. Makanya perlu naskah akademiknya, dinilai bersama dan dibahas. Naskah akademik itulah yang menentukan regulasinya seperti apa. Jadi, buat naskah akademik, kita diskusikan,” jawab Mahfud tegas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya