SOLOPOS.COM - Sesi Anies Baswedan dan Prabowo Subianto beradu argumen pada Debat Capres 2024, Minggu (7/1/2024). (Youtube/KPU RI)

Solopos.com, SOLO — Prabowo Subianto menegaskan Anies Baswedan tidak berhak berbicara perihal etika karena memberikan contoh buruk kepada masyarakat, yaitu menghasut. Hal itu disampaikan Prabowo guna menjawab pertanyaan Anies Baswedan pada segmen ketiga Debat Capres 2024, Minggu (7/1/2024) malam.

Dalam kesempatan itu, Anies Baswedan menanyakan apa hubungan standar etika pemimpin negara dalam kemampuannya menjaga keamanan dan pertahanan negara.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Mendapat pertanyaan tersebut, emosi Prabowo Subianto sedikit terpancing. Meskipun dia juga sepakat dengan Anies bahwa presiden harus menjunjung nilai dan etika.

“Saya sependapat semakin tinggi, semakin kompleks, kepemimpinan butuh nilai. Cinta tanah air, kejujuran, bersih, dan tidak boleh korupsi. Saya sependapat dengan bapak. Kita harus beretik dengan benar. Apa yang dikatakan harus jujur. Pertahanan ini sakral, jangan karena ambisi pribadi, kita membahayakan rakyat. Kasihan rakyat yang menjaga kita, kalau ada calon pemimpin yang kerjanya menghasut saja,” kata Prabowo.

Anies Baswedan menanggapi jawaban itu dengan mempertanyakan banyaknya orang dalam pada pengadaan alutsista hingga pengelolaan food estate selama Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI. Bahkan dia juga menyinggung Prabowo yang berjalan maju pada Pilpres 2024 dengan calon wakil presiden (cawapres) yang melanggar etika.

“Ketika dikatakan standar etika tinggi, presiden harus punya standar etika tinggi. Dalam kenyataannya di Kementerian Pertahanan, banyak orang dalam pada pengadaan alutsista, pengelolaan food estate, bahkan Anda
terus berjalan dengan cawapres yang melanggar etika. Apa penjelasan Pak Prabowo tentang hal itu?” kata Anies.

Prabowo Subianto mengatakan, semua data yang disampaikan Anies Baswedan semuanya salah. Dia bahkan mengajak Anies untuk berdiskusi bersama membicarakan masalah yang ada.

“Etik etik, Anda tidak pantas bicara soal etik. Anda itu menyesatkan. Saya boleh berpendapat kan. Saya menilai Anda tidak pantas berbicara tentang etik Profesor Anies Baswedan. Karena Anda memberikan contoh yang tidak baik,” tegas Prabowo.

Debat Capres 2024 malam ini merupakan putaran ketiga dari rangkaian debat yang dijadwalkan KPU RI. Debat kali ini mempertemukan kembali para capres, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Pada debat kali ini yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, para capres beradu gagasan terkait dengan tema politik luar negeri, globalisasi, pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya