SOLOPOS.COM - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) bersama cawapres Mahfud Md (kanan) saat berangkat menuju lokasi debat perdana dari Gedung High End, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Antara/Rio Feisal)

Solopos.com, SOLO — Dalam acara Debat Capres 2024 pada Selasa (12/12/2023), capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo berjanji untuk memberikan internet gratis untuk pelajar.

Janji tersebut didasari ketika dia menemukan siswa di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengeluh sulitnya mengakses internet di daerahnya. Dia menyebut akses internet di NTT belum sama dengan Pulau Jawa, terutama untuk pelajar.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“Saya di NTT bertemu dengan masyarakat ke sana. ‘Ganjar kenapa kami anak muda tidak mudah mendapatkan akses pekerjaan padahal itu hak kami. Kenapa kami sulit akses internet padahal untuk belajar’,” cerita Ganjar, sebagaimana disiarkan langsung di kanal Youtube KPU RI, Selasa.

Maka dari itu, di Debat Capres 2024, Ganjar berjanji untuk memberikan internet gratis untuk pelajar. “Catatan inilah yang mendorong kami internet untuk siswa yang bersekolah agar mereka mendapatkan kesamaan yang di Jawa,” kata Ganjar.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga menceritakan pengalamannya ketika berkampanye ke berbagai daerah, termasuk di Merauke, Papua Selatan. Di ujung Indonesia itu, dia menemukan seorang pendeta yang membantu persalinan ibu melahirkan karena terbatasnya tenaga kesehatan.

“Di Merauke kami menemukan pendeta, namanya Pak Leo dia harus menolong ibu ingin melahirkan karena tidak ada fasilitas kesehatan, sesuatu hak kesehatan tidak bisa didapat, kita sampaikan kepada Pendeta Leo, kami akan bangunkan itu bahwa satu desa satu Puskesmas atau Pustu,” ucap dia.

Sebagai informasi, pada Debat Capres 2024 pertama ini, KPU RI mengambil tema emerintahan, hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya