SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Capres nomor urut 01 Anies Baswedan menjamin kesejahteraan prajurit TNI dalam Debat Ketiga Capres 2024 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Dalam debat bertemakan Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Politik Luar Negeri, dan Geopolitik itu, Anies akan menaikkan gaji prajurit TNI setiap tahun sekali dan menjamin perumahan untuk mereka dibangun dengan baik.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Saya menyampaikan bila saya ditugasi, kenaikan gaji dilakukan tiap tahun, perumahan prajurit TNI dipastikan dibangun. Sehingga mereka tidak perlu ngekos, tidak perlu sewa, sehingga mereka bisa tenang,” terang Anies disiarkan langsung di kanal Youtube KPU RI, Minggu.

Bagi Anies, memberikan kesejahteraan bagi prajurit TNI merupakan tanggung jawab negara. “Mereka diminta mempertahankan setiap jenggal, tetapi kita tidak berikan tempat tinggal untuk berdinas. Itu tidak benar harus dikoreksi,” tegas Anies.

Sebelumnya Anies terlihat menyinggung kenaikan gaji TNI yang hanya tiga kali di era Presiden Jokowi. “Tapi sisi kebijakan saya rasa lebih parah. Kenaikan gaji [prajurit TNI] di era Presiden SBY itu 9 kali. Era ini hanya 3 kali dan naik tahun depan menjelang Pemilu. Kesejahteraan tidak diperhatikan, termasuk Tukin,” beber Anies.

Sementara itu, dalam debat ketiga 2024 ini, capres nomor 02 Prabowo Subianto dan 03 Ganjar Pranowo juga sepakat untuk menjamin kesejahteraan prajurit TNI. Ganjar sendiri akan mendengarkan langsung pendapat dari prajurit TNI dari bawah. Hal ini ia gunakan untuk menyusun kebijakan yang bersifat bottom up.

“Ketika tadi ingin membangun sistem pertahananan kita, maka harus ada rencana. Kita tidak boleh gonta ganti. Kita harus ajek dan konsisten. Kita harus mendengar dari seluruh matra. Maka perencanaan harus bottom up,” terang Ganjar.

Sebagai informasi, dalam debat ketiga ini dipandu langsung oleh moderator Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi. Selain itu, ada 11 panelis dari berbagai perguruan tinggi ikut merumuskan pertanyaan bagi masing-masing capres di Pilpres 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya