SOLOPOS.COM - Daun Sirsak (anneahira.com)

Solopos.com, SOLO — Sirsak atau juga yang sering dijuluki sebagai nangka belanda atau durian belanda merupakan salah satu tumbuhan buah-buahan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. 

Kulit buah sirsak berwarna hijau dengan ditumbuhi oleh duri-duri kecil, sedangkan daging buah sirsak berwarna putih dengan biji berwarna hitam.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Melansir dari bnp.jambiprov.go.id yang diakses pada Rabu (23/8/2023), buah sirsak memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. 

Nutrisi yang terkandung dalam buah sirsak yaitu protein, lemak, karbohidrat, serat, fosfor, kalsium, kalium, dan vitamin C.

Kandungan yang terdapat pada buah sirsak memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, diantaranya dapat menstabilkan tekanan darah, dan melawan radikal bebas.

Kemudian, melancarkan pencernaan, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengurangi peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan melambat penuaan.

Selain itu, sebagai antibakteri, mencegah rambut rontok, mengatasi maag, mendukung kesehatan ibu hamil, dan mencegah kerusakan hati.

Lalu, menjaga kesehatan mata, mengatasi diabetes, melancarkan diet, dan menurunkan kadar kolesterol.

Menurut data yang dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI, pada 2022 Indonesia menghasilkan sebanyak 142.390 ton buah sirsak.

Berikut ini merupakan data provinsi yang paling banyak menghasilkan buah sirsak di Indonesia.

1. Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi nomor 1 yang paling banyak menghasilkan buah sirsak di Indonesia. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS RI, pada tahun 2022 Provinsi Jawa Timur menghasilkan 33.307 ton buah sirsak. Kabupaten Kediri menjadi daerah yang paling banyak menghasilkan buah sirsak di Provinsi Jawa Timur.

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Provinsi Jawa Timur, pada tahun 2021 Kabupaten Kediri menghasilkan 83.832 kuintal buah sirsak. 

Daerah lain yang juga menghasilkan buah sirsak paling banyak di Provinsi Jawa Timur yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Jember.

2. Nusa Tenggara Barat

Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi provinsi nomor 2 yang paling banyak menghasilkan buah sirsak di Indonesia. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS RI, pada tahun 2022 Provinsi Nusa Tenggara Barat menghasilkan 26.701 ton buah sirsak. 

3. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi nomor 3 yang paling banyak menghasilkan buah sirsak di Indonesia. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS RI, pada tahun 2022 Provinsi Jawa Tengah menghasilkan 18.493 ton buah sirsak. 

Kabupaten Tegal menjadi daerah yang paling banyak menghasilkan buah sirsak di Provinsi Jawa Tengah.

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Provinsi Jawa Tengah, pada tahun 2020 Kabupaten Tegal menghasilkan 77.337 kuintal buah sirsak. 

Daerah lain yang juga menghasilkan buah sirsak paling banyak di Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Purworejo, Kabupaten Blitar, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Wonosobo.



4. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat menjadi provinsi nomor 4 yang paling banyak menghasilkan buah sirsak di Indonesia. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS RI, pada tahun 2022 Provinsi Jawa Barat menghasilkan 16.714 ton buah sirsak. 

Kabupaten Tasikmalaya menjadi daerah yang paling banyak menghasilkan buah sirsak di Provinsi Jawa Barat.

Menurut data yang dilaporkan oleh opendata.jabarprov.go.id, pada tahun 2021 Kabupaten Taikmalaya menghasilkan 29.724 kuintal buah sirsak. 

Daerah lain yang juga menghasilkan buah sirsak paling banyak di Provinsi Jawa Barat yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bogor.

5. Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat menjadi provinsi nomor 5 yang paling banyak menghasilkan buah sirsak di Indonesia. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS RI, pada tahun 2022 Provinsi Sumatera Barat menghasilkan 11.232 ton buah sirsak. 

Kota Pariaman menjadi daerah yang paling banyak menghasilkan buah sirsak di Provinsi Sumatera Barat.

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2020 Kota Pariaman menghasilkan 1.397,40 kuintal buah sirsak. 

Daerah lain yang juga menghasilkan buah sirsak paling banyak di Provinsi Sumatera Barat yaitu Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Padang, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Agam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya