SOLOPOS.COM - Kuncoro Wibowo (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Kuncoro Wibowo, pemilik ACE Hardware Indonesia tercatat sebagai salah satu sosok orang terkaya di Indonesia.

Harta kekayaan Kuncoro Wibowo per Desember 2021 mencapai US$1,48 miliar atau setara dengan Rp23,1 triliun.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Banyak yang tidak percaya bahwa keberhasilan Kuncoro dalam mengelola nama besar ACE Hardware bermula ketika dirinya membantu toko perkakas milik sang ayah di Glodok, Jakarta Utara.

Lantas, seperti apa sosok dan perjalanan karier Kuncoro Wibowo ini?

Baca Juga: 50 Orang Terkaya di Indonesia, Ada Nama Bos Sritex

Berikut perjalanan sukses Kuncoro seperti dikutip Solopos.com dari Bisnis, Jumat (16/12/2022).

Kuncoro Wibowo adalah pendiri Kawan Lama Group dan menjadi perusahaan yang menaungi ACE Hardware Indonesia, pusat perlengkapan perkakas rumah tangga, teknik dan industri asal Amerika Serikat.

Sebelum bisa sukses seperti sekarang, Kuncoro yang lahir pada 1956 ini merupakan anak dari seorang pedagang perkakas di Glodok dengan toko berukuran 3×3 meter.

Baca Juga: Ini Dia 50 Orang Terkaya Indonesia, Tetap Tajir Walau Ada Corona

Melansir dari Tatler Asia, sejak kecil hingga remaja, Kuncoro adalah sosok pekerja keras dan haus akan ilmu.

Meski Kuncoro Wibowo tidak mengenyam pendidikan formal karena peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang berujung pada percobaan kudeta dan pembunuhan massal.

Kondisi ini membuat Kuncoro Wibowo harus home schooling.

Baca Juga: 50 Orang Terkaya di Indonesia 2022, IPO Blibli Jaga Posisi Duo Hartono

Sembari membantu sang ayah berjualan di toko, Kuncoro mengasah kemampuannya berbahasa Inggris dan Mandarin.

Ketika situasi sudah lebih membaik dirinya menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1977 di London Business School di Inggris dalam program non-diploma.

Lalu pada tahun 1993, dia lulus dari Universitas Terbuka jurusan Manajemen Ekonomi.

Baca Juga: Naik Jet atau Pesawat Pribadi, Salah Satu Hobi Orang Super Kaya di Dunia

Walaupun bukan lulusan dari sekolah bisnis tapi melalui pengalaman praktis yang diajarkan oleh sang ayah, menjadikan dirinya kian tajam dalam menemukan peluang bisnis yang menguntungkan.

Perjalanan Karier Kuncoro Wibowo

Ketika ayahnya meninggal pada tahun 1981, Kuncoro mengambil alih perusahaan ayahnya, PT Kawan Lama Sejahtera yang saat itu baru membuka kantor pusatnya di kawasan Glodok.

Berkat pengalaman berdagang, di mana sejak remaja dirinya sudah didorong untuk berpartisipasi dalam pameran dagang ditambah dengan kemampuan berbahasa, menjadikan dirinya kian mampu menjalin komunikasi dengan para pemasok barang-barang perkakas saat berkeliling ke berbagai pelosok negeri dan luar negeri.

Baca Juga: Dua Kali Menjabat Presiden, Jokowi hanya Dapat Satu Rumah dari Negara

Bermula dari kegigihan yang awalnya hanya membantu ayahnya untuk cari pemasok dan menghadiri beragam pameran perkakas itu menjadi cikal-bakal hadirnya Kawan Lama Group, di mana grup ini memegang lisensi berbagai brand, mulai dari Informa, Chatime, Toys Kingdom hingga Kawan Lama Sejahtera.

Tahun 1995 Kuncoro Wibowo berekspansi dengan mendirikan PT ACE Hardware dan memiliki lisensi tunggal ACE Hardware, yaitu perusahaan perkakas asal Amerika Serikat.

ACE Hardware untuk pertama kalinya dibuka di Supermal Karawaci, Kota Tangerang.



Baca Juga: Dua Kali Menjabat Presiden, Jokowi hanya Dapat Satu Rumah dari Negara

Per 19 September 2022, ACE Hardware Indonesia telah memiliki 228 gerai dengan total luas lebih dari 500.000 meter persegi yang tersebar di 52 kota seIndonesia.

ACE Living World Alam Sutera merupakan flagship store ACE Hardware Indonesia sekaligus menjadi yang terbesar di dunia.

Pada tahun 2018, ACE membuka ACE Xpress yang berupa gerai dengan luas kurang dari 1.000 meter persegi.

Baca Juga: Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes, Duo Hartono Kokoh di Puncak

ACE Xpress menjadi tempat berbelanja yang memudahkan konsumen terutama di daerah perumahan dengan menawarkan produk kebutuhan sehari-hari.

Per 13 Agustus 2022, ACE memiliki total 18 toko ACE Xpress yang tersebar di berbagai wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Palembang.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kisah Kuncoro Wibowo, dari Pedagang Perkakas di Glodok jadi Bos ACE Hardware Indonesi”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya