SOLOPOS.COM - Danau Matano (Pesona Indonesia)

Solopos.com, SOLO — Danau Matano di Desa Matano, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dinobatkan sebagai danau terdalam di Indonesia, dengan kedalaman mencapai 590 meter.

Bukan hanya di Indonesia, Danau Matano juga diklaim sebagai danau terdalam di Asia Tenggara dan juga peringkat ke-9 danau terdalam di dunia.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Danau yang termasuk danau tektonik ini memiliki luas sekitar 16.000 hektare dengan ketinggian 382 mdpl. Melansir Indonesiabaik.id, makna Matano dalam bahasa lokal memiliki arti mata air atau sumber air.

Mengutip Indonesia.go.id, danau ini memiliki kepanjangan sekitar 28 km dan lebar 8 km. Wajar saja jika danau Matano memiliki kedalaman 590 meter.

Baca Juga: Terjawab! Ini Dia Alasan Kenapa Pelat Nomor Kendaraan Semarang H

Danau Matano yang merupakan danau terdalam di Indonesia juga menjadi rumah bagi sejumlah fauna eksotis. Beberapa di antaranya, ikan butini atau warga setempat menjulukinya dengan ikan purba. Hal ini dikarenakan ikan butini mirip dengan binatang purba.

Selain ikan butini, hewan lain yang bisa ditemukan di sini adalah kepiting bungka dan keong air tawar. Tak ayal, Danau Matano ini ditetapkan sebagai kawasan konservasi Taman Wisata Alam berdasarkan SK Menteri Pertanian No. 274/Kpts/Um/4/1979 tanggal 24 April 1979.

Baca Juga: Spesifikasi Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo: Punya 82 Kubah Bergaya Maroko

Sebagai informasi, salah satu spot di danau terdalam di Indonesia ini adalah Gua Tengkorak. Gua Tengkorak di Danau Matano tersebut menjadi tempat yang unik sekaligus misterius.

Konon Gua Tengkorak ini dijadikan tempat untuk menaruh jasad orang yang meninggal sejak ratusan tahun lalu sebelum agama-agama modern masuk ke daerah tersebut.

Baca Juga: Hukum Memanjangkan Rambut hingga Gondrong bagi Laki-laki dalam Islam

Meski namanya menyeramkan, namun pemandangan indah tersaji di tempat ini. Ini menuju Gua Tengkorak Danau Matano, wisatawan harus menyewa perahu dan dibutuhkan keterampilan berenang.

Hal ini dikarenakan ketika air sedang naik, maka pintu masuk Gua Tengkorak akan tertutup permukaan air, maka harus berenang untuk melewati pintu masuknya.

Baca Juga: Cara Mengirim Pesan WA ke Banyak Nomor di Kontak, Ada 3 Metode!

Berdasarkan keterangan warga setempat, danau ini ternyata memiliki keunikan lainnya. Di dasar danau, ternyata terdapat sebuah gua yang di dalamnya berisi benda peninggalan masa lampau seperti tombak, parang, mangkuk dan piring yang berumur ratusan tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya