SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Solopos.com, SOLO — Alokasi dana Bantuan Masyarakat Kota Solo (BPMKS) masa anggaran Juli-Desember ditambah Rp1,4 miliar. Meski begitu, jumlah seluruh penerima BPMKS triwulan ketiga dan triwulan keempat 2013 belum bisa diketahui.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Aryo Widyandoko, mengatakan tambahan dana telah disetujui DPRD Kota Solo, Senin (19/8/2013) lalu. Dengan tambahan anggaran tersebut, total seluruh anggaran BPMKS Juli-Desember mencapai sekitar Rp18,7 miliar.

“Seluruh dana dialokasikan untuk BPMKS triwulan ketiga dan triwulan keempat 2013. Penerima BPMKS adalah seluruh siswa asal Kota Solo yang menerima bantuan di triwulan pertama dan triwulan kedua ditambah dengan siswa baru Tahun Ajaran 2013/2014,” terangnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (21/8/2013).

Dia melanjutkan, sistem pembiayaan dan sasaran BPMKS triwulan ketiga dan keempat masih sama dengan sistem dua triwulan sebelumnya. Penerima BPMKS tetap terbagi menjadi tiga kelompok, yakni pemegang kartu silver, kartu gold dan kartu platinum.

Kartu silver ditujukan kepada siswa jenjang SD negeri/sederajat dan SMP negeri/sederajat. Kartu gold diperuntukkan bagi siswa miskin yang bersekolah di SD/sederajat, SMP negeri/sederajat dan SLB negeri.

Sementara itu, kartu platinum ditujukan bagi siswa sekolah plus dan 10% siswa gakin yang bersekolah di SMP, SMA dan SMK nonplus. Besarnya dana yang diterima siswa dari ketiga kelompok masing-masing Rp7.000 perbulan, Rp34.500 perbulan dan Rp7.000 per bulan.

Sebelumnya sempat terlontar wacana BPMKS akan menjangkau siswa sekolah swasta. Namun, jumlah anggaran yang tersedia belum bisa mencukupi kebutuhan yang ada. Lebih jauh Aryo menjelaskan, jumlah seluruh penerima BPMKS triwulan ketiga dan keempat belum bisa dipastikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya