SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo menargetkan Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Solo (BPMKS) triwulan I (Januari-Maret) dan triwulan II (April-Juni) cair pekan ini.

Kepala Disdikpora Kota Solo, Rakhmat Sutomo, mengatakan berkas verifikasi data sekolah untuk jenjang SMP, SMA dan SMK telah ditandatangani.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Berkas verifikasi data SMP, SMA dan SMK itu sudah kami kirim ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Solo pada Senin (25/3/2013),” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin.

Menurutnya, proses pencairan BPMKS jenjang SMP, SMA dan SMK masih menunggu verifikasi ulang dari DPPKA Kota Solo. Dia menargetkan BPMKS jenjang SMP, SMA dan SMK bisa cair pekan ini.

“Setelah cair, BPMKS langsung dikirim ke rekening sekolah masing-masing,” imbuhnya.

Sedangkan berkas verifikasi data sekolah untuk jenjang SD, dia mengaku baru dalam proses penandatanganan. Proses penandatanganan, sambungnya, membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebab satu sekolah mengirimkan satu berkas dan membutuhkan tanda tangan dari Kepala Disdikpora Kota Solo hingga 12 kali.

Dia menargetkan berkas BMPKS jenjang SD bisa dikirimkan ke DPPKA pada Rabu (27/3/2013) atau Kamis (28/3/2013). Setelah berkas BPMKS dikirmkan ke DPPKA, dia berharap BPMKS bisa segera cair maksimal pekan depan. Menurutnya, total BPMKS triwulan I dan II yang akan cair senilai Rp7 miliar.

Mengomentari masalah kritikan belum cairnya BPMKS dari sekolah, dia menanggapinya dengan santai. “Sekolah itu ngarang, sebenarnya dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang cair tiap triwulan I awal bulan itu duit sekolah sudah turah-turah,” tegasnya.

Apalagi, pada April mendatang BOS triwulan kedua juga cair. Menurutnya, sekolah hanya mencari sensasi untuk mendesak cairnya BPMKS.

Menurutnya, dengan BOS saja sekolah sudah bisa untuk mencukupi biaya operasionalnya. Meski demikian, dia mengakui dengan BOS memang belum bisa menutupi biaya sekolah yang rusak. Hal itu disebabkan hitungan BOS adalah per siswa.

Kepala SD Islam Cokroaminoto, Asmuni, berharap apa yang disampaikan Disdikpora benar-benar terealisasi. Menurutnya, sekolah tidak lagi mempermasalahkan BPMKS cair pekan ini atau pekan depan. Dia mengaku pihaknya akan menunggu hingga April pekan kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya