SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging (JIBI/Bisnis/Nurul Hidayat)

Daging sapi akan dipenuhi dari dalah negeri alias swasembada dalam 5 tahn ke depan.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah bersikukuh merealisasikan swasembada daging sapi dalam 5 tahun melalui berbagai cara meski Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai langkah itu terlalu agresif.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meyakini swasembada daging sapi akan tercapai pada 2019 dengan sejumlah strategi, mulai dari menyebar bibit sapi unggul ke daerah strategis hingga menyalurkan kredit usaha rakyat kepada peternak.

“Produksi bibit sapi yang diimpor, kemudian diberikan ke daerah-daerah yang banyak tebu, sawit, dan nanas, supaya tumbuh lebih cepat dan lebih murah,” ujar dia, Rabu (16/9/2015).

Kalla berpendapat pengembangan industri peternakan sapi memang tak lebih mudah dibandingkan industri pertanian lain. Namun pemerintah akan tetap berupaya keras merealisasikan swasembada daging sapi dengan terus memperbanyak jumlah bibit sapi.

“Saya kira kalau kita mulai 5 tahun yang lalu, sekarang sudah swasembada. Jadi berapa pun itu harus mulai dari sekarang,” sambung dia.

Kendati demikian, pemerintah tidak menutup diri untuk mengimpor daging sapi dalam waktu sementara, untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Sebelumnya, Ketua KPPU Muhammad Syarkawi Rauf mengimbau pemerintah tak agresif menargetkan swasembada daging sapi dalam jangka pendek dan mengulang kekeliruan pemerintahan sebelumnya.

Komisi independen itu menyarankan target swasembada sebaiknya realistis, yakni dicapai dalam waktu panjang, setidaknya 10 tahun atau dua kali masa kepemimpinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya