SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (tengah) melantik calon perwira remaja menjadi perwira dalam Upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri tahun 2023 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023). Presiden Joko Widodo melantik 833 perwira TNI dan Polri dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Kepolisian. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 833 calon perwira TNI Polri di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023), salah satunya anak eks-Kapolri Idham Azis yang mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa 2023.

Perwira remaja TNI-Polri Tahun 2023 yang dilantik berjumlah 833 orang yang terdiri dari Capaja TNI AD 357 orang, Capaja TNI AL 94 orang, Capaja TNI AU 114 orang, serta Capaja Polri sejumlah 268 orang.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Adapun, Jokowi juga membacakan Taruna yang dinobatkan sebagai lulusan terbaik alias peraih penghargaan Adhi Makayasa. 

Jokowi memerinci bahwa peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Letnan Dua Sawung Setiawan (dari Akmil), Letnan Dua Pelaut Hermawan Burhanudin Tri Putro, (dari AAL), Letnan Dua Penerbang Muhammad Galuh Safari Rahma (dari AAU) dan Inspektur Polisi Dua Irfan Urane Azis (dari Akpol). 

Salah satu lulusan terbaik Irfan Urane Azis diketahui merupakan putra dari mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Idham Azis yang merupakan lulusan Akpol angkatan 1988. 

Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan bagi lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri. Penerima penghargaan ini yaitu mereka yang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek. 

Aspek yang dimaksud adalah akademis, jasmani, dan kepribadian atau mental. Penganugerahan Adhi Makayasa lazimnya diserahkan oleh Presiden RI dalam upacara Prasetya Perwira (Praspa) dan Sumpah Perwira TNI/Polri

1. Irfan Urane Azis 

Salah satu lulusan terbaik Irfan Urane Azis yang didaulat menjadi Inspektur Polisi Dua itu merupakan taruna kelahiran Jakarta, pada 14 Juni 2001.

Dia juga merupakan putra dari mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Idham Azis yang merupakan lulusan Akpol angkatan 1988.

Irfan juga pernah mendapat penghargaan dari Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdikpol) Arief Sulistyanto pada 2019 atas prestasinya saat menjalani pendidikan dasar integrasi Taruna Akademi TNI dan Akpol di Akademi Militer Magelang. 

Tak hanya memiliki rekam jejak baik di kepolisian, Irfan juga menonjol dari sisi akademis. Hal ini dibuktikan dari banyaknya prestasi yang berhasil ditorehkannya, khususnya dalam pelajaran matematika. 

Sejumlah prestasi di bidang akademiknya mulai dari juara pertama di American Mathematics Competition (AMC8) pada 2014; peraih Gold Medals Wizard at Mathematics International Competition (WIZMIC India) pada 2014, hingga Penghargaan Grand Champion dalam ajang International Mathematics Contest Singapura (IMCS) pada 2017.

2. Sawung Setiawan

Peraih Adhi Makayasa lainnya adalah Sermatutar Sawung Setiawan yang merupakan lulusan SMA Taruna Negara 26 yang melanjutkan pendidikannya di Akademi Militer (Akmil). 

Dalam perjalanan karirnya, Sawung dinilai merupakan pribadi yang tangguh. Buktinya, saat pendidikan dengan bermodalkan pangkat sersan mayor dua taruna (sermadatar) dirinya berhasil didapuk menjadi Komandan Resimen Korps Taruna (Danmenkorpstar) yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan fungsi organisasi Resimen Korps Taruna.

Komandan Resimen Korps Taruna (Danmenkorpstar) merupakan jabatan tertinggi yang mampu diraih para taruna Akmil. 

Danmenkorpstar pun memiliki tanggung jawab untuk menjalankan fungsi organisasi Resimen Korps Taruna. 

Dia juga pernah meraih penghargaan Emas dalam aspek Tanggon Kosala pada 2022 oleh Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko pada saat upacara laporan korps kenaikan tingkat dan pangkat.

3. Hermawan Burhanudin Tri Putro

Selanjutnya, Hermawan Burhanudin Tri Putro yang berhasil lulus sebagai Sermatutar dengan meraih IPK 3.569 dari Prodi Manajemen Pertahanan Matra Laut.

Bahkan, Hermawan mampu menyelesaikan pendidikan di AAL baik fisik, mental, dan akademik selama empat tahun di Kampus AAL, Bumimoro, Surabaya.

4. Muhammad Galuh Safari Rahmat

Terakhir, Muhammad Galuh Safari Rahmat yang merupakan putra kelahiran Ciamis dari pasangan Kolonel Sus Asep Rahmat Kamarullah dan Devi Yanti Safariah. 



Selain berhasil meraih Adhi Makayasa AAU 2023, Galuh juga meraih penghargaan lainnya, yakni lulusan dengan predikat cumlaude dan Adhi Saksi Aeronautika. 

Sekadar informasi, banyak peraih Adhi Makayasa yang berhasil menjadi tokoh nasional di Indonesia, sebut saja mulai dari Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kemudian, mantan Panglima TNI Moeldoko, mantan Kapolri Tito Karnavian, hingga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Daftar Peraih Adhi Makayasa 2023, Ada Anak Eks Kapolri Idham Azis”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya