SOLOPOS.COM - Kendaraan taktis si Maung. (pindad.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pasangan bakal capres-cawapres Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka datang ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan menggunakan kendaraan atau mobil Maung, kendaraan produksi PT Perindustrian Angkatan Darat (Pindad), Bandung asli buatan Indonesia.

Juru bicara (Jubir) Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa mobil yang digunakan capres-cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) adalah milik pribadi Prabowo. 

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Iya [milik] pribadi,” kata Dahnil saat ditemui setelah acara Indonesia Integrity Forum 2023, Rabu (25/10/2023), dilansir Antara.

Meski milik pribadi, Dahnil mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui kapan Prabowo membeli mobil Maung tersebut. 

Namun, Dahnil menyampaikan bahwa mobil tersebut sengaja disiapkan untuk pendaftaran Prabowo ke KPU. “Iya [memang disiapkan],” ucapnya. 

Spesifikasi Maung Pindad 

Maung didesain memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi. 

Juga dirancang untuk memiliki kemampuan modular yang difungsikan menjadi berbagai varian operasi. 

Laiknya sport utility vehicle (SUV), Maung mampu mengangkut empat personel dengan kelengkapan dudukan senjata kaliber 7,62 mm dan konsol senapan serbu SS2-V4 kaliber 5,56 mm. 

Maung memiliki panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, dan tinggi 1.810 mm, dengan wheelbase 3.090 mm. Bobot rantis 4WD ini mencapai 2 ton. 

Kendaraan ini dilengkapi mesin diesel turbo 2.494 cc 2GD-FTV buatan Toyota digunakan untuk sumber tenaga penggerak via transmisi manual enam percepatan. 

Mesin yang menghasilkan 149 hp dan torsi 400 Nm ini juga digunakan pada Toyota Hilux. 

Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan agar nantinya seluruh hasil produksi nasional dapat mandiri secara utuh.

Diberitakan sebelumnya, Prabowo-Gibran tiba pada pukul 11.20 WIB. Mereka masuk ke Kantor KPU dengan menggunakan mobil Maung, kendaraan produksi PT Perindustrian Angkatan Darat (Pindad), Bandung. 

Prabowo dan Gibran berdiri sambil menyapa para pendukung dan elite politik yang sudah ada di lapangan depan Kantor KPU. 

Keduanya kompak mengenakan kemeja biru terang. Gibran menyatakan dirinya dan Prabowo sudah siap mendaftar menjadi peserta Pilpres 2024. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Prabowo-Gibran Naik Maung Milik Sendiri Saat Daftar ke KPU”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya