SOLOPOS.COM - Kilang Minyak Dumai, direncanakan mendapat RDMP pada 2030 mendatang (Antara)

Solopos.com, RIAU — Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai Provinsi Riau yang terbakar pada Sabtu malam (1/4/2023) sekitar pukul 22.40 WIB bukanlah kali pertama pada tahun ini mengingat Depo Plumpang juga terbakar pada bulan lalu.

Kebakaran Kilang Pertamina Dumai diawali ledakan yang terdengar sampai ke Pulau Rupat. Akibat kebakaran ini, sembilan pekerja mengalami luka-luka. Peristiwa bemula ketika muncul ledakan yang mengakibatkan terbakarnya kompresor make up gas di Unit 2 11 HCU Area Unit Unibon/Kilang PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU II Dumai yang mengakibatkan getaran di sekitar area kilang. 

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Manager Communication Relationship PT Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai, Agus Setiawan, mengatakan api dapat dipadamkan 10 menit kemudian. Dalam insiden ini, terdapat 9 orang yang terdampak di ruang operator dan telah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk memperoleh perawatan terbaik. “Kondisi pekerja terdampak tersebut saat ini stabil,” ungkapnya Minggu (2/4/2023) dini hari. 

Insiden kebakaran fasilitas kilang Pertamina ini bukanlah kali pertama. Bila dilihat sepanjang setahun terakhir atau sejak 2022, terdapat empat kejadian kebakaran, di mana dua di antaranya menimpa satu aset Pertamina di tahun yang sama.

Pertama, kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang atau Depo Pertamina Plumpang pada Jumat (3/3/2023) malam. Kebakaran di Depo Pertamina, Plumpang tepatnya terjadi di Jalan Tanah Merah Bawah RT012/RW09, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara.  Akibat insiden tersebut, ratusan warga mengungsi dan puluhan orang dilaporkan meninggal dunia. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat korban meninggal dunia akibat kebaran Depo Pertamina Plumpang menjadi 33 per Jumat (24/3/2023). Adapun, insiden dilaporkan terjadi pada pukul 20.11 WIB dengan objek yang terbakar adalah pipa inlet yang terhubung dengan tangki bahan bakar. 

Banyaknya masyarakat yang menjadi korban disebabkan tidak adanya jarak aman antara TBBM Pertamina dengan hunian warga. Bahkan, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, rumah-rumah warga sekitar benar-benar menempel dengan dinding pembatas TBBM Plumpang.

Sebelumnya pKilang minyak milik Pertamina yang berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur, pernah terbakar pada 15 Mei 2022. Akibatnya, satu orang pekerja tewas dan lima lainnya dilarikan ke rumah sakit dalam insiden itu. Kebakaran terjadi di Plant 5 Kilang Pertamina Balikpapan pada pukul 11.31 WITA. Tercatat ada dua kali peristiwa kebakaran melanda kilang minyak tersebut. Insiden pertama terjadi pada Jumat, 4 Maret 2022, berikutnya pada 15 Mei pada tahun yang sama.

 

Sebagian berita telah ditayangkan di Bisnis.com dengan judul 7 Rentetan Kebakaran Aset Pertamina, Terbaru Kilang Dumai Meledak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya