SOLOPOS.COM - Gibran mengaku sudah mendapat dukungan dari sejumlah tokoh nasional untuk maju di Pilkada Jateng atau DKI Jakarta 2024. (Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Beberapa bulan belakangan, sejumlah kader PDI Perjuangan (PDIP) menunjukkan kedekatannya dengan bakal calon presiden (capres) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

Padahal, PDIP sudah mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. Sementara itu, Prabowo merupakan capres usungan Partai Gerindra. 

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Kedekatan sejumlah kader PDIP dengan Prabowo itu mendapat respons tegas dari jajaran pengurus partai berlambang banteng bermoncong putih itu. 

Lalu, siapa saja kader PDIP yang menemui dan menunjukkan kedekatannya dengan Prabowo? Berikut daftarnya, dilansir Bisnis.com.

1. Gibran Rakabuming Raka

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka makan malam bersama Prabowo di Solo, Jawa Tengah pada Mei lalu. Prabowo bahkan mengunggah momen kedekatan dengan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu di akun Instagramnya, @prabowo. 

Dalam unggahan foto di akun Instagramnya, Prabowo mengenakan kemeja putih kebiruan,  sementara Gibran mengenakan kemeja hijau. 

Berdasarkan penuturannya, Prabowo mengakui mendapat dorongan semangat dari relawan Jokowi dan Gibran. Dia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Gibran.

Ternyata tak hanya makan malam, setelah itu keduanya menemui relawan Gibran-Jokowi dan menyatakan dukungannya atas pencapresan Prabowo di Pilpres 2024. 

Hasilnya, DPP PDIP memanggil Gibran ke Jakarta untuk dimintai klarifikasi tiga hari setelahnya. Dia menemui Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun. Ternyata, Gibran tak diberi sanksi melainkan hanya nasihat.

2. Effendi Simbolon

Beberapa pekan lalu, Politisi PDIP Effendi Simbolon juga menyatakan kekaguman dengam Pranowo. Saat itu, Prabowo diundang untuk menghadiri rapat kerja nasional Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) 2023. 

Effendi sendiri merupakan Ketua Umum PSBI. Dalam kesempatan itu, Effendi menyatakan Prabowo merupakan sosok yang pantas memimpin Indonesia ke depan menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hasilnya, Effendi dipanggil oleh pengurus partai untuk dimintai keterangan terkait pernyataannya itu. Dia menghadap Hasto dan Komarudin selama sejam lebih. 

Setelahnya, Hasto menyatakan Effendi tetap setia dengan keputusan partai untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pilpres 2024 bukan Prabowo.

3. Budiman Sudjatmiko 

Budiman Sudjatmiko menemui Prabowo di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Selasa (18/7/2023) malam. 

Usai pertemuan di kediaman Prabowo itu, Budiman mengatakan menteri pertahanan itu merupakan salah satu tokoh terbaik di Indonesia saat ini.

“Saya berharap Pak Prabowo sehat, teruskan tugas, tunaikan tugas. Dan saya ingin orang Indonesia layak untuk mendapatkan orang terbaik, salah satunya Pak Prabowo,” kata Budiman. 

Dia menyebut kedatangannya ke rumah Prabowo karena merasa Indonesia membutuhkan persatuan sosok nasional untuk saling mendukung khususnya jelang pesta politik awal tahun depan. 

Lebih lanjut, Budiman menilai dirinya memiliki cara pandang serupa Prabowo terkait dengan kepemimpinan politik untuk mendorong bangsa bangkit di tengah gejolak dunia.

Hasilnya, sama seperti Gibran dan Effendi, DPP PDIP juga berencana memanggil Budiman  untuk dimintai klarifikasi dalam waktu dekat.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Deretan Kader PDIP yang Pamer Kedekatan dengan Prabowo Jelang Pilpres 2024”



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya