SOLOPOS.COM - Piramida di Mesir (Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Beberapa peradaban manusia paling awal diyakini mulai berkembang seiring orang berhenti hidup nomaden dan mulai menetap serta mengembangkan satu daerah. Permukiman awal ini segera memunculkan kota-kota besar dan gagasan tentang negara serta bangsa.

Berikut daftar 5 negara yang terbentuk paling lama atau belum lama setelah peradaban berkembang, dilansir dari oldest.org.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

1. Mesir

Dinasti pertama Mesir muncul pada 3.100 SM. Sekitar periode ini, Mesir Hulu dan Hilir disatukan menjadi satu kerajaan oleh Raja Menes.

Menes sebenarnya sebutan bagi orang Mesir untuk pendirinya dan banyak sejarawan percaya bahwa pendiri Mesir adalah seorang penguasa bernama Narmer. Ini menjadikan Mesir sebagai negara tertua di dunia.

2. India

Orang-orang telah tinggal di wilayah di anak benua India sejak sekitar 3.300 SM, dimulainya dengan Peradaban Lembah Indus. Meskipun nenek moyang membentuk salah satu peradaban perkotaan paling awal di dunia, awal mula India dimulai dengan Periode Weda yang berlangsung dari 1.500 SM-600 SM.

Peradaban Veda meletakkan dasar agama Hindu serta beberapa aspek budaya anak benua India yang masih ada hingga saat ini. Kerajaan pertama atau Janapadas mulai terbentuk sekitar tahun 1.200 SM.

Akhir periode Veda menyebabkan kebangkitan Hindu, Jainisme, dan Buddha di India dan awal dari dinasti kuat yang akan memerintah India selama tiga milenium berikutnya.

India modern didirikan pada tahun 1947 setelah negara itu memperoleh kemerdekaannya dari Kerajaan Inggris.

3. Afganistan

Peradaban Lembah Indus diyakini telah memiliki koloni di Afghanistan sejak 3.000 SM. Mereka mendirikan salah satu kota pertama di dunia, Mundigak, di dekat Kandahar modern.

Arkeolog juga menemukan bukti koloni peradaban Lembah Indus yang lebih kecil di bagian lain Afghanistan. Seiring waktu, gelombang orang semi-nomaden dari Asia Tengah menetap di Afghanistan dan membawa serta budaya mereka.

Negara itu bahkan dipengaruhi oleh Inggris untuk sementara waktu. Pada tahun 1973, Afghanistan menjadi republik Islam presidensial kesatuan.

4. China

Dinasti Tiongkok pertama adalah Dinasti Xia yang berlangsung dari sekitar tahun 2.070 SM-1.600 SM. Tidak ada catatan tangan pertama dari Dinasti Xia karena sejarah tertulis Tiongkok berasal dari Dinasti Shang (1.600 SM-1.046 SM).

Sampai penggalian pada tahun 1960-an dan 1970-an menemukan situs yang memberikan bukti kuat keberadaan Dinasti Xia. Banyak orang percaya bahwa itu lebih merupakan mitos daripada fakta.

Periode dinasti China berlangsung hingga tahun 1912 ketika Dinasti Qing berakhir dan republik terbentuk. Republik Rakyat Tiongkok didirikan pada tahun 1949 dan berlanjut sebagai Tiongkok modern.

5. Georgia

Georgia menelusuri sejarahnya hingga Kerajaan Colchis yang legendaris dan Kerajaan Karlti/Iberia. Kedua kerajaan itu penting selama Zaman Perunggu Eurasia, sekitar 1.500 SM.

Menyusul penaklukan Romawi singkat sekitar 66 SM, Roma dan negara-negara Iran memperebutkan Georgia selama lebih dari 700 tahun. Georgia juga jatuh ke penaklukan muslim awal di abad ke-7 Masehi.

Negara itu kemudian diperintah oleh Persia dan Rusia. Setelah kemerdekaan singkat dari Kekaisaran Rusia, Georgia menjadi bagian dari Uni Soviet. Georgia akhirnya memperoleh kemerdekaannya yang sebenarnya pada tahun 1991.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya