SOLOPOS.COM - Ilustrasi biaya hidup murah. (Freepik)

Solopos.com, SOLOBiaya hidup merupakan uang yang dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat kenyamanan tertentu di suatu lokasi. Biaya hidup mencakup kebutuhan dasar, seperti tempat tinggal, makan, pajak, hingga kesehatan.

Jumlah biaya pengeluaran untuk biaya hidup sehari-hari tentu menjadi faktor penting bagi Anda yang ingin melakukan kunjungan ke suatu negara. Terutama bagi yang ingin menetap dalam waktu yang cukup lama, tentu akan memperhitungkan dahulu uang yang akan dikeluarkan.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Berikut daftar 5 negara dengan biaya hidup termurah untuk bahan pertimbangan Anda yang ingin menetap ke luar negeri dilansir dari forbes.com.

1. Portugal

Portugal dinobatkan sebagai negara teratas untuk ditinggali. Untuk ukuran biaya hidup di Eropa, biaya hidup di kota-kota Portugal relatif murah. Terlebih lagi di kota-kota kecil.

Beberapa tempat untuk dipertimbangkan di Portugal di antaranya Lagos, Vilamoura, dan Tavira. Biaya hidup sehari-hari terbilang rendah dibandingkan dengan Amerika. Pasangan dapat dengan nyaman menutupi pengeluaran (termasuk sewa dan lainnya) sekitar Rp41 juta sebulan.

2. Meksiko

Meksiko menempati posisi kedua untuk tahun 2023. Pasangan bisa hidup nyaman di sebagian besar tempat yang kami rekomendasikan dengan biaya hidup perkiraan di bawah Rp29,5 hingga Rp41 juta sebulan.

Untuk satu orang butuh perencanaan anggaran mulai dari Rp22 juta-Rp28 juta. Anda pasti bisa hidup sederhana di Meksiko dengan harga lebih murah. Perlu diingat itu adalah angka yang masuk akal untuk seseorang yang ingin hidup dengan sangat nyaman.

3. Panama

Panama mendapatkan skor yang bagus secara keseluruhan. Itu berarti Panama sering berada di puncak Indeks.

Panama berada di bawah zona badai dan memiliki pilihan visa yang memungkinkan ekspatriat (usia pensiun atau tidak) untuk datang dan tinggal. Di Panama, anggaran sebesar Rp43 juta per bulan akan membuat Anda hidup nyaman di mana pun di negara ini sebagai pasangan.

Seorang lajang dapat tinggal di daerah perdesaan dengan penghasilan sekitar Rp21 juta sebulan. Itu tentu akan menjadi angka yang lebih masuk akal untuk kota atau kehidupan yang lebih kosmopolitan.

4. Ekuador

Hanya sedikit tempat di dunia di mana biaya hidup terjangkau seperti di Ekuador. Anda dapat dengan mudah hidup dengan perkiraan biaya sekitar Rp22 juta hingga Rp26,5 juta per bulan, tergantung pada lokasi dan gaya hidup.

Ekuador masih merupakan negara yang sebagian besar belum ditemukan, belum dihomogenisasi, tetapi masih menawarkan kenyamanan kehidupan modern. Hal itu termasuk internet berkecepatan tinggi, mata uang dolar Amerika, cuaca sedang, transportasi umum yang baik, serta perawatan kesehatan dan perumahan yang terjangkau.

5. Kosta Rika

Kosta Rika tetap berada di dekat atau di puncak daftar pensiun internasional. Pasangan dapat hidup dengan nyaman, tetapi tidak harus mewah dengan biaya sekitar Rp24 juta hingga Rp44 juta sebulan. Ini termasuk menyewa rumah/kondominium dua kamar tidur dengan fasilitas bergaya Amerika Utara, AC, ditambah bahan makanan, hiburan, transportasi, dan perawatan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya