SOLOPOS.COM - Ilustrasi lomba memeriahkan HUT RI pada 17 Agustus. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Agustus menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Setiap tahun di tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lantaran dirayakan setiap tanggal 17, momen peringatan HUT RI lebih sering disebut dengan 17-an. Berbagai macam kegiatan diselenggarakan untuk menyemarakkan momen penting yang satu ini.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Bahkan, deretan aktivitas dalam menyambut 17-an ini sudah menjadi tradisi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Berikut ini Solopos.com bagikan untuk Anda serba-serbi kegiatan 17-an yang ada di Indonesia.

1. Dekorasi nuansa merah dan putih

Pemkot Solo memasang ratusan lampion untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI. (Solopos/Nicolous Irawan)

Sebagian besar dari Anda pasti sudah hafal jika saat Agustus biasanya diawali dengan kegiatan kerja bakti. Hal ini dilakukan baik di tingkat RT, RW, atau serentak di seluruh desa secara gotong royong oleh warga untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI. Tak hanya di lingkungan perumahan, instansi pemerintah maupun swasta juga banyak yang mengadakan kegiatan kerja bakti.

Jika umumnya kegiatan kerja bakti lebih sering diadakan dengan bersih-bersih lingkungan atau perawatan fasilitas umum. Namun saat Agustus, kegiatan kerja bakti ditambah dengan menghias atau mendekorasi lingkungan dengan dekorasi bernuansa merah putih. Misalnya dengan memasang bendera, umbul-umbul, membuat gapura hias atau dengan melakukan cat ulang di bagian-bagian tertentu.

2. Aneka perlombaan

Dua anak perempuan saling melancarkan pukulan menggunakan guling di Kampung Ngemplak Sutan, Mojosongo, Solo, Minggu (6/8/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Selain dengan menghias lingkungan, 17-an juga identik dengan berbagai macam perlombaan yang sayang untuk dilewatkan. Lomba 17-an dianggap dapat mempererat tali silaturahim di lingkungan perumahan atau lingkungan kerja. Selain itu, mengikuti lomba 17-an juga dapat meningkatkan kreativitas, kekompakan, semangat, serta menumbuhkan daya saing.

Beberapa jenis perlombaan yang marak diselenggarakan dalam menyambut HUT RI di antaranya adalah lomba makan kerupuk, lomba estafet, lomba menghias tumpeng sampai dengan lomba panjat pinang.

3. Karnaval dan panggung pertunjukan

Dokumentasi Solo Carnaval (Aghniya Fitrisna Damartiasari)

Tak hanya dengan dekorasi dan mengadakan aneka perlombaan, 17-an juga identik dengan adanya karnaval dan juga panggung hiburan.

Karnaval yang diselenggarakan biasanya mengusung tema Bhineka Tunggal Ika dengan memamerkan kostum, tarian, sampai dengan kendaraan yang dihias bertemakan keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia.

Bersamaan dengan karnaval, di beberapa tempat diadakan juga panggung pertunjukan atau panggung hiburan yang menampilkan bermacam kesenian seperti musik, pembacaan puisi, hingga drama kolosal.

4. Upacara Bendera

Sejumlah anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengikuti Upacara Pengukuhan Paskibraka yang dipimpin Presiden Joko Widodo di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8/2021). Presiden Joko Widodo mengukuhkan 68 orang anggota Paskibraka yang akan bertugas pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus mendatang. ANTARA FOTO/Biro Pers Media Setpres/Lukas/Handout/wsj.

Nah, kegiatan terakhir yang wajib untuk diikuti oleh masyarakat Indonesia, terlebih saat masih duduk di bangku sekolah adalah upacara bendera.

Yang membedakan, upacara bendera yang diselenggarakan setiap tanggal 17 Agustus dengan upacara bendera di hari lainnya adalah adanya pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh Paskibraka yang berjumlah 17, 8, dan 45 pada masing-masing kelompok barisannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya