SOLOPOS.COM - Tes seleksi CPNS. (Antara/Prasetia Fauzani)

Solopos.com, JAKARTA–Pemerintah akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2023. Sedangkan empat lowongan jadi prioritas.

Hal itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Azwar mengatakan pihaknya akan membuka seleksi penerimaan CPNS 2023.

Tak hanya CPNS, kementerian tersebut juga akan membuka seleksi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Lowongan penerimaan CPNS dan PPPK, ujar Azwar, akan disesuaikan dengan pertimbangan yang disampaikan oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Baca Juga: Formasi Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2, Cari Tahu Yuk!

Merujuk pada seleksi CPNS sebelumnya, pemerintah telah menetapkan empat lowongan prioritas dalam tahapan seleksi yang dilakukan.

Keempat lowongan prioritas tersebut adalah lowongan CPNS bagi lulusan terbaik (cumlaude), lowongan untuk putra/putri Papua dan Papua Barat, lowongan untuk diaspora, serta lowongan untuk penyandang disabilitas.

Lowongan CPNS bagi lulusan terbaik (cumlaude) merupakan lowongan yang dapat diikuti oleh seluruh lulusan S1 yang berasal dari perguruan tinggi dengan akreditas A yang berhasil mendapatkan predikat kelulusan sangat memuaskan atau IPK di atas 3,5.

Untuk dapat mengikuti lowongan CPNS 2023, pelamar diminta untuk melampirkan ijazah serta surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan predikat pujian (cumlaude).

Baca Juga: Lowongan CPNS 2023 akan Dibuka, Para Pencari Kerja Merapat!

Sementara itu, lowongan untuk putra/putri Papua dan Papua Barat merupakan lowongan yang dikhususkan untuk peserta yang berasal dari daerah Papua maupun Papua Barat.

Untuk dapat memastikan bahwa pelamar berasal dari wilayah tersebut, maka peserta diminta untuk melampirkan akta kelahiran dan surat keterangan dari pejabat setempat bahwa mereka merupakan penduduk asli Papua atau Papua Barat.

Lowongan selanjutnya adalah lowongan untuk diaspora atau masyarakat Indonesia yang menetap di luar negeri untuk keperluan pendidikan ataupun pekerjaan.

Untuk dapat mendaftar melalui lowongan ini, peserta harus bersih dari riwayat permasalahan hukum serta tidak terafiliasi dengan ideologi yang bertentangan dengan pancasila.

Selain itu, bagi pelamar yang telah memiliki masa pendidikan atau kerja minimal 2 tahun, mereka diminta untuk menyiapkan surat rekomendasi yang ditulis oleh dosen ataupun atasan dari tempat mereka bekerja.

Baca Juga: Pencari Kerja Merapat! Berikut Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2

Lowongan prioritas terakhir ialah formasi yang disiapkan untuk para penyandang disabilitas.

Untuk dapat mengikuti proses seleksi ini, pelamar harus menyiapkan surat keterangan resmi yang berisikan informasi tentang jenis dan tingkat disabilitas yang dimiliki, yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah atau puskesmas setempat.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Penerimaan CPNS 2023, Ini 4 Formasi yang Jadi Prioritas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya