SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes CPNS (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO--Pelaksanaan Tes Kemampuan Bidang (TKB) sebagai tes tahap akhir dalam seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo diundur. Pasalnya, hingga kini belum ada pengumuman hasil Tes Kemampuan Dasar (TKD) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) yang akan disampaikan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pembantu Rektor (PR) II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Jamal Wiwoho, mengatakan sedianya pengumuman TKD diinformasikan pada 25 November lalu melalui website http://kemendikbud.go.id.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Sifatnya kan nasional, Kemendikbud belum dapat informasi dari Kemen PAN-RB dan dari sana [Kemen PAN-RB] belum ada pengumuman,” jelasnya saat dihubungi solopos.com, Rabu (4/12/2013).

Jamal menambahkan beberapa waktu lalu pihaknya mendapat faks dari Kepala Biro Kepegawaian Kemendikbud yang menginformasikan belum adanya pengumuman TKD dari Kemen PAN-RB. “Melalui faks itu Kabiro Kepegawaian Kemendikbud meminta maaf karena belum ada hasil TKD dari Kemen PAN-RB,” imbuhnya.

Meski demikian, Jamal mengakui pada dasarnya pihak yang berwenang melaksanakan TKB baik tenaga pendidik melalui fakultas maupun non kependidikan seperti Unit Pelaksana Teknis Pusat Pengembangan Bahasa (UPTP2B), Medical Center, UPT Perpusatakaan telah siap.

Namun, tes tersebut tidak bisa dilaksanakan sebelum ada pengumuman hasil TKD. “Secara keseluruhan sudah siap. Tapi kami tidak mungkin melaksanakan TKB kalau belum ada pengumuman TKD,” jelasnya.

Terkait jumlah peserta yang lolos TKD, Jamal mengatakan pada seleksi CPNS UNS tahun lalu, peserta yang lolos TKD tiga kali jumlah peserta yang diterima menjadi PNS.

“Misalnya Program Studi A yang diterima dua, yang lolos TKD ada enam. Tapi sekarang kami belum menerima informasi jumlah peserta yang akan lolos TKD dan mengikuti TKB,” lanjut Guru Besar Hukum Pajak Fakultas Hukum UNS.

Sebagai informasi, pelaksanaan TKD CPNS UNS telah dilaksanakan pada 3 November lalu dengan jumlah peserta 566 orang.

Mereka memperebutkan 48 lowongan PNS di UNS yang terdiri atas 40 dosen dan delapan tenaga administrasi. Peserta yang lolos TKD bakal mengikuti TKB di UPTP2B dan fakultas masing-masing pada 5 Desember. Materi TKB meliputi ujian Bahasa Inggris, wawancara dengan tim penilai dan ujian praktik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya