SOLOPOS.COM - ilustrasi berkas lamaran seleksi CPNS (JIBI/Dok)

Solopos.com, TERNATE — Lowongan CPNS 2013 di Maluku Utara (Malut) sepi peminat. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Maluku Utara (Malut) mengakui  peminat penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Malut sepi pelamar.

Ketua BKD Malut Ali Yau di Ternate, Jumat (27/9/2013), mengatakan formasi untuk dokter spesialis di Pemprov Malut, misalnya, dari 10 formasi yang disiapkan, hanya satu orang yang melamar hingga batas akhir pendaftaran tanggal 25 September 2013.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Begitu pula di Pemkot Ternate, untuk formasi guru pariwisata dan guru multimedia yang masing-masing disiapkan dua orang, hingga batas akhir pendaftaran tak satu pun yang melamar, padahal guru pariwisata dan multimedia itu sangat dibutuhkan di Kota Ternate.

Sepinya pelamar pada sejumlah formasi CPNSD tersebut, diduga akibat tidak adanya pencari kerja di Malut yang memiliki kualifikasi pendidikan seperti yang diminta. Ini karena memang di Malut belum ada program pendidikan yang membuka jurusan pariwisata dan multimedia.

Untuk formasi CPNSD lainnya, seperti guru sekolah dasar, guru bidang studi sejarah, matematika dan bahasa Inggris, serta formasi sarjana kesehatan masyarakat dan sarjana farmasi pelamarnya cukup banyak, terutama di kabupaten yang mendapat kuota penerimaan CPNSD cukup banyak seperti di Kabupaten Pulau Morotai.

“Kami akan mengonsultasikan sepinya pelamar pada sejumlah formasi tersebut ke pemerintah pusat untuk diganti dengan formasi lainnya yang juga dibutuhkan di Malut, karena kalau tidak maka jatah kuota penerimaan CPNSD Malut untuk pelamar umum pada 2013 ini tidak terpenuhi dan ini jelas merugikan Malut,” katanya.

Kuota penerimaan CPNSD di Malut untuk pelamar umum yang diberikan pemerintah pusat pada 2013 ini sebanyak 850 lowongan, umumnya tenaga guru dan kesehatan terbanyak di Kabupaten Pulau Morotai yakni 357 lowongan dan paling sedikit Kota Ternate sebanyak 30 lowongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya