SOLOPOS.COM - Lomba Tenis Meja menjadi salah satu opsi kegiatan saat class meeting (www.smpn4cepu.sch.id)

Solopos.com, SOLO–Pernahkah Anda mendengar istilah class meeting? Class meeting umumnya dilakukan oleh para siswa sekolah seusai melakukan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ujian Akhir Sekolah (UAS).

Melansir dari laman smkn1barabai.sch.id, Selasa (13/12/2022), class meeting merupakan sebuah ajang tahunan yang telah ditunggu-tunggu oleh warga sekolah khususnya siswa. Kegiatan ini dapat menjadi sarana rehat bagi para siswa setelah menghabiskan waktunya untuk belajar dan menempuh ujian.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dikutip dari simki.unpkediri.ac.id, class meeting dilakukan pada jeda waktu setelah ujian sebelum pembagian rapor menuju libur sekolah. Pada masa ini, para guru akan fokus melakukan penilaian pada hasil ujian siswa, dan para siswa dapat bersenang-senang. Karenanya kegiatan class meeting menjadi media mengisi kekosongan waktu karena sudah tidak ada kegiatan belajar mengajar.

Dalam sebuah agenda class meeting, berbagai kegiatan yang sifatnya refreshing atau penyegaran dipersiapkan, mulai dari bazar hingga kegiatan perlombaan. Hal ini diharap dapat menjadi media bagi individu maupun kelompok siswa dapat belajar bersaing secara sehat dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: 32 Tim Sekolah Dasar Berebut Gelar Juara Milku Futsal Tournament, Ini Daftarnya

Dikutip dari www.smpn4cepu.sch.id, kegiatan class meeting dilakukan juga dengan tujuan dapat mengakomodasi minat dan bakat siswa dalam berbagai bidang di antaranya olah raga dan kreativitas.

Nah, meskipun terdapat kompetisi di dalamnya, namun kegiatan class meeting tak serta merta dilakukan hanya untuk berebut posisi juara. Kegiatan class meeting dilakukan dengan penuh keseruan yang tujuan utamanya adalah untuk melepas lelah dan penatnya siswa dari kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

Menurut Kepala SMP Negeri 4 Cepu, Prasetyo Cahyo Nugroho, kegiatan class meeting secara rutin dilakukan setiap tahun. Kegiatan class meeting dapat menjadi salah satu sarana bagi sekolah untuk dapat mengakomodir bentuk kreativitas siswa.

Baca Juga: Bus Gatotkaca Solo Ramai Peminat, Sebulan Bisa Digunakan Empat Kali

Kegiatan perlombaan yang dikemas secara fun ini ternyata juga dapat menjadi sarana untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, lo. Masih dikutip dari simki.unpkediri.ac.id, seseorang yang mampu membangun motivasi dalam dirinya makan cenderung mempunyai semangat lebih untuk dapat mencapai tujuan.

Ini berarti class meeting mempunyai segudang manfaat bagi para siswa dalam proses perkembangannya, ya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya