SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/R Bambang Aris Sasangka)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/R Bambang Aris Sasangka)

SOLO — Maskapai penerbangan Citilink belum bisa memastikan realisasi pembukaan rute baru Solo-Makassar yang kabarnya bakal dibuka Juni bulan depan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Vice President Marketing and Communication Citilink, Aristo Kristandyo, menegaskan bahwa rencana pembukaan rute baru itu hingga saat ini masih dalam status persiapan. “Sehingga kami juga belum bisa memastikan kapan rute itu bisa direalisasikan. Yang pasti, kami masih menunggu realisasi penambahan pesawat sebanyak 30 unit sampai akhir tahun,” kata Aristo, saat dihubungi Solopos.com, Senin (27/5/2013).

Aristo menyampaikan dengan penambahan 30 unit pesawat itu maka Citilink harus menambah frekuensi penerbangan, membuka rute dan destinasi baru. Penambahan frekuensi penerbangan itu, lanjut Aristo, bisa dilakukan misalnya untuk rute Solo-Balikpapan yang saat ini baru satu kali, ke depannya bisa dua kali penerbangan. “Kemudian, untuk destinasi baru salah satu target kami adalah Solo-Makassar. Tapi, saat ini kami masih menyelesaikan survei pasar dan mengetahui potensi pasar yang ada di dua kota itu.”

Dia melanjutkan, stakeholder di Solo sebenarnya sudah sangat mendukung pembukaan rute Solo-Makassar, karena Makassar adalah destinasi baru yang selama ini belum ada maskapai yang membuka rute tersebut. “Tapi memang untuk merealisasikan rute itu butuh persiapan banyak. Kalaupun pesawat sudah tersedia, kami juga mempersiapkan kru dan tim.”

Dengan penambahan 30 unit pesawat Airbus itu, lanjut Aristo, Citilink membidik 7,8 juta penumpang di sepanjang tahun 2013 ini. Dengan target itu pula Citilink agresif menambah rute-rute baru. Saat ini, Citilink memiliki 136 frekuensi penerbangan per hari. “Sampai akhir bulan Mei ini kemungkinan kami sudah punya 140 frekuensi penerbangan per hari. Dan target sampai akhir tahun kami harus sudah punya 200 frekuensi penerbangan per hari,” imbuh dia.

Seperti diketahui sebelumnya, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman, menyampaikan Citilink berencana akan menambah rute penerbangan Solo-Makassar pada Juni mendatang. Selama ini, Citilink baru memiliki satu frekuensi penerbangan dari Solo sebanyak satu kali yaitu tujuan Balikpapan.

Aristo menyampaikan sejauh ini evaluasi rute dari Solo itu cukup bagus. Tetapi, masih perlu didorong lagi, mengingat masih adanya kendala infrastruktur akses transportasi ke kawasan Bandara Adi Soemarmo Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya