SOLOPOS.COM - Fasilitator kegiatan Noble Leader Development Program (NLDP), saat menyampaikan materinya, Senin (3/7/2023) siang.

Solopos.com, SALATIGA – Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., membuka kegiatan Noble Leader Development Program (NLDP), Senin (3/7/2023) siang. Kegiatan yang diselenggarakan di D’Emmerick Hotel ini diikuti pimpinan universitas, pimpinan fakultas serta direktur direktorat di lingkungan UKSW.

Diselenggarakan selama tiga hari, hingga Rabu (5/7/2023), retret NLDP ini menghadirkan Ir. Didiek K. Suprapto sebagai fasilitator.

Rektor Intiyas dalam sambutannya menyampaikan kegiatan yang dikemas dalam bentuk retret ini didesain agar peserta bisa sejenak melakukan purifying, melepaskan semua atribut yang melekat untuk lebih mengenal diri sendiri. Harapannya, dari retret ini peserta nantinya menjadi seorang noble leader atau pemimpin sujana.

“Tidak enak keluar dari zona nyaman, tetapi kalau kita terlambat mengenali diri sendiri, kontribusi kita ke lembaga juga menjadi kurang, tidak maksimal,” kata Rektor Intiyas.

Ditambahkan koordinator retret NLDP, Indirani Wauran, S.H., M.H., untuk menjadi seorang pemimpin idealnya memiliki dua sisi yang seimbang, yaitu bijaksana dan kompeten. Sisi bijaksana akan diperoleh jika seseorang mengenali dirinya dan menyadari panggilannya.

Jadi pribadi unggul

“Kalau selama ini kita mengejar sisi kompeten, sekarang kita mundur sejenak selama tiga hari mengejar sisi bijaksananya. Harapannya nanti masing-masing akan meneruskannya dengan berlatih di rumah, mengasah diri sendiri sehingga diharapkan pimpinan-pimpinan UKSW bisa bijaksana dan kompeten, dan menjadi pribadi yang unggul,” terang Indirani Wauran yang juga dosen dari Fakultas Hukum UKSW ini.

Disampaikannya juga, melalui kegiatan seperti ini tentunya akan berdampak kepada UKSW.

“Di mana pimpinan-pimpinan yang melatih dirinya untuk punya keseimbangan akan memberikan kontribusi yang lebih maksimal bagi UKSW, tidak hanya kompeten tetapi juga bijaksana,” imbuhnya.

Ke depan, pemimpin di aras universitas, fakultas dan direktorat yang menjadi peserta kegiatan ini juga bisa menularkan spirit ini kepada lingkungan kerjanya, baik teman sejawat dan juga mahasiswa.

“Januari yang lalu leadership training yang sebenarnya lebih banyak ke sisi yang kompeten dan masih akan berlanjut. Kita juga akan membuat program-program untuk kedua sisi ini bisa berjalan secara seimbang. Pada retret NLDP batch 1 ini diikuti sebanyak 22 peserta. Ke depan, akan ada NLDP batch 2, batch 3 dan seterusnya,” pungkas Indirani Wauran.

Rekomendasi
Berita Lainnya