SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

Solo (Solopos.com)–Ratusan siswa SD dan SMP Soloraya mengikuti olimpiade Matematika yang diselenggarakan oleh Lembaga Bimbingan Belajar IPIEMS  di SMA Warga Solo, Senin (14/11/2011).

Mereka dilatih menguasai soal yang berstandar olimpiade tingkat nasional. Pada babak penyisihan kali ini mereka menyelesaikan 15 soal dengan waktu 45 menit.

Menurut Ketua Panitia Acara, Andhy Joko, pemenang dalam kompetisi ini berhak untuk mendapatkan training class olimpiade guna melatih siswa mengikuti tahapan lomba dengan level yang lebih tinggi.

Dia mengungkapkan kegiatan ini dinilai penting untuk membiasakan anak berkompetisi dan memupuk bakat siswa di bidang ilmu Matematika. “Untuk menjadi ahli matematika mereka harus dilatih sejak dini, salah satunya dengan mengikuti lomba olimpiade,” jelas dia.

Soal yang digunakan pada  olimpiade matematika ini memakai standar kompetensi olimpiade nasional dimana setiap level perlombaan akan disesuaikan dengan jenjang pendidikan siswa.

Andhy mengungkatkan antusiasme siswa maupun pihak sekolah terkait acara ini dinilai tinggi bahkan hingga waktu penutupan pendaftaran pihaknya terpaksa menolak peserta karena kuotanya terbatas.

Secara rinci peserta yang mengikuti kegiatan ini meliputi jenjang SD sejumlah 282 peserta sementara untuk jenjang SMP ada 161 peserta. “Antusiasme ini menunjukkan siswa tak lagi menganggap pelajaran matematika bukan sebagai momok lagi,” ungkapnya.

(das)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya