SOLOPOS.COM - Pemberangkatan Tim Ekspedisi Mudik 2023 di Griya Solopos, Solo, Sabtu (15/4/2023). (Solopos.com-Danang Nur Ihsan)

Solopos.com, SOLO — Setelah menempuh perjalanan darat selama enam hari dan hampir 2.000 kilometer, akhirnya Tim Ekspedisi Mudik Solopos telah sampai di kota terakhir tujuan ekpedisi, yakni kembali ke Solo setelah perjalanan selama empat jam dari Surabaya pada Kamis (20/4/2023).

Sebelumnya, Tim Ekspedisi Mudik Solopos yang terdiri atas empat orang, yakni jurnalis Solopos Ginanjar Saputra bersama videografer Andhika Wahyu Purnama, reporter Gigih Windar Pratama, dan driver Mustofa, memulai perjalanan dari Kota Solo pada Sabtu (15/4/2023) sore.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Tim Ekspedisi Mudik Solopos tiba di Pelabuhan Merak pada Minggu (16/4/2023) pukul 01.00 dini hari. Pada Minggu pagi, kami memotret bagaimana arus mudik di Pelabuhan Merak Banten. 

Di sana, PT ASDP Indonesia Ferry terpantau telah siap menghadapi arus mudik 2023, terbukti dengan lancarnya para pemudik melakukan penyeberangan dari Merak ke Bakauheni Lampung.

Di hari yang sama, Tim Ekspedisi Mudik Solopos langsung meluncur ke ibu kota, Jakarta, untuk memantau situasi mudik via kereta api di dua stasiun besar, yakni Gambir dan Pasar Senen. 

Di lokasi tersebut, para pemudik secara tertib menunggu keberangkatan kereta api yang akan mengangkut mereka ke kampung halaman. 

Dengan fasilitas dan kemudahan yang diberikan PT KAI, pemudik rata rata mengaku senang dan puas mudik menggunakan kereta api, baik di kelas eksekutif maupun kelas ekonomi.

Pada hari ketiga, Senin (17/4/2023), tim melanjutkan ke arah Jawa Tengah melaui tol trans Jawa. Dari tol Cikampek hingga keluar di Exit Timur Brebes, kami belum menemukan kemacetan yang berarti, meski dua hari kemudian di sepanjang tol tersebut terjadi penumpukan kendaraan di beberapa titik. 

Tim Ekspedisi Mudik Solopos juga memantau jalan jalan arteri non-tol di Kawasan Cirebon dan Brebes yang saat itu juga masih lengang.

Tak hanya memantau kondisi jalur mudik, Tim Ekspedisi Mudik Solopos juga berburu kuliner khas Brebes yang bisa dijadikan rekomendsi untuk para pemudik, yakni sate blengong. 

Kuliner tersebut memang wajib dijajal jika anda mudik melalui Jalur Pantura dan melintas di kawasan Brebes serta Tegal.

Pada hari keempat, Selasa (18/4/2023), tim melanjutkan perjalanan melalui tol di kawasan pantura dan sempat beristirahat di beberapa rest area, antara lain di KM 252 A Brebes dan KM 379 A Batang. 

Di dua rest area itu, Tim Ekspedisi Mudik Solopos menemukan hal yang cukup unik, yakni hadirnya pertashop dan pertamina delivery service yang disediakan pertamina. Hal tersebut merupakan kontribusi Pertamina Patra Niaga dalam mendukung kelancaran arus mudik 2023.

Setelah dari situ, Tim Ekspedisi Mudik Solopos melanjutkan ke arah Solo dan sempat mampir di rest area KM 456 A Salatiga. 

Di area tersebut, tim menemukan hal yang luar biasa yang disajikan Nasmoco. Dealer resmi Toyota untuk wilayah Jateng DIY tersebut menyediakan posko yang cukup mewah bagi para pemudik. 

Selain stall untuk servis ringan mobil Toyota, Nasmoco juga menyediakan ruangan nyaman full AC dengan fasilitas ciamik bagi para pengguna Toyota yang ingin beristirahat.

Di hari berikutnya, Rabu (19/4/2023), Tim Ekspedisi Mudik Solopos memotret situasi di Stasiun Solo Balapan dan Terminal Tirtonadi.

Enggak melulu soal transportasi, tim juga sempat berburu oleh oleh khas Solo yang sangat direkomendasikan untuk para pemudik. 

Di pusat oleh-oleh khas Solo, yakni Era Jaya, Tim Ekspedisi Mudik Solopos menemukan tempat yang bisa disebut sebagai surganya oleh-oleh khas Solo.

Pada hari yang sama, Tim Ekspedisi Mudik Solopos juga sempat memantau arus lalu lintas jalan tol dari Kota Solo menuji Kota Surabaya. 

Dengan kelancaran arus lalu lintas dan tanpa antrean kendaraaan yang berarti, tim dapat menempuh perjalanan dari Solo ke Surabaya kurang dari empat jam, yakni sekitar pukul 18.00 wib hingga sekitar pukul 21.30 wib.

Dan pada Kamis (20/4/2023), tim Ekspedisi Mudik Solopos Media Group, masih berada di tujuan akhir, yakni Kota Surabaya. Di sini, Tim Ekspedisi Mudik Solopos kembali memotret situasi arus mudik di H-2 atau H-1 lebaran.

Ekspedisi Mudik 2023 adalah program kolaborasi Solopos Media Group dengan ASDP Indonesia Ferry, Pertamina Patra Niaga, PT KAI, Nasmoco, dan Oleh-oleh Khas Solo Era Jaya.



Ekspedisi Mudik 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya