SOLOPOS.COM - Bus Batik Solo Trans (BST). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Naik kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil seolah sudah menjadi hal lumrah bagi kalangan mahasiswa saat ini termasuk para mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Namun, seiring dengan semakin padatnya lalu lintas di Kota Bengawan, sebagian mahasiswa yang mulai beralih menggunakan transportasi umum, terutama Batik Solo Trans.  Seperti diketahui, pada  2010 Pemerintah Kota (Pemkot)  Solo  telah menyediakan fasilitas transportasi umum BST. Semenjak itu, banyak mahasiswa UNS yang menggunakan transportasi tersebut untuk berangkat dan pulang kuliah atau sekadar jalan-jalan seputaran Solo.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Bagi mahasiswa UNS yang sering menggunakan BST, transportasi umum yang identik dengan warna biru ini sangat memudahkan mereka untuk pergi ke kampus UNS  dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan transportasi umum lainnya. Dengan tarif Rp3.700 per orang dan pembayaran melalui kartu non-tunai atau Qris, para penumpang BST terutama para mahasiswa mengaku lebih hemat.

Fiki Nur Husna, salah satu mahasiswa FKIP UNS yang sering menggunakan BST semenjak satu tahun terakhir merasa bepergian dengan transportasi umum BST lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan transportasi pribadi. “Lebih adem dan tidak lelah berkendara,” jelasnya kepada Solopos, Jumat (6/1/2023).

Selain itu dengan menggunakan transportasi BST, dia merasa dapat lebih menekan pengeluaran untuk biaya transportasi. “Kalau bepergian jauh, itu lebih hemat pake BST daripada ojol [ojek online],” ucap Fiki ketika dimintai alasannya menggunakan BST dibanding transportasi lainnya.

Mahasiswa UNS lain, Saphira Pualam Langit Biru yang juga sering menggunakan transportasi umum BST untuk berangkat ke kampus dan bepergian juga merasakan hal yang sama.

“Aku tuh biasa kalau dari rumah ke kampus pakai transportasi online, sekali berangkat itu bisa sampai Rp30.000, kalau pakai BST jadi lebih murah banget apalagi kan pas kemarin masih gratis,” jelas Saphira Pualam Langit Biru atau yang akrab disapa Audrey, Jumat (6/1/2023).

Mahasiswi FISIP UNS itu juga menjelaskan selama menggunakan transportasi BST, belum ada pengalaman yang kurang menyenangkan ketika.

“Cuma kadang lama nunggunya,” ucap Audrey, meski begitu ia masih merasa wajar dan berharap ke depannya Pemerintah Kota Solo akan menambah armada bus BST ini.

Rute BST ke Kampus UNS

Jalur angkutan yang direkomendasikan jika naik bus dari arah Yogyakarta, Semarang, Kudus, dan kota lainnya adalah dengan turun di Kleco atau Kerten, Solo. Setelah itu naik bus BST koridor 2 atau koridor 1 yang mengarah ke Terminal Palur selanjutnya turun di halte UNS yang terletak di dekat gerbang depan UNS.

Selain itu, Anda juga dapat turun di Terminal Tirtonadi. Dari terminal tersebut Anda memiliki dua opsi yaitu dengan berlanjut menggunakan bus BST koridor 1 dan turun di halte UNS yang terletak di dekat gerbang depan UNS atau jika ingin turun di gerbang belakang UNS, anda dapat menggunakan bus BST koridor 4 dan turun di halte gerbang belakang UNS.

Namun untuk sementara ini bus BST koridor 4 akan melewati halte UNS yang berada di gerbang depan kampus UNS dikarenakan ada perbaikan jembatan Jurug.

Bagi Anda yang ke Solo menggunakan alat transportasi kereta api, Anda bisa turun di Stasiun Purwosari maupun Stasiun Balapan. Dari kedua stasiun tersebut Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan bus BST koridor 2 dan turun di halte UNS yang terletak di dekat gerbang depan kampus UNS.

Sedangkan, bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan bus dari arah timur, seperti Surabaya dan sekitarnya dapat langsung turun di Jl. Ir. Sutami (langsung turun di depan kampus), Kentingan.

Sebagai panduan bagi Anda yang ingin singgah ke UNS atau menjelajahi Solo, berikut ini ada daftar rute BST berdasarkan catatan Solopos.com dan Dishub Solo:

1. Koridor 1

Terminal Palur – UNS – RSUD Moewardi – Pasar Gede – Balaikota – Gladak – Slamet Riyadi – Nonongan – Sarpon – Sriwedari – Purwosari – Kerten – UMS – Kartasura – Colomadu – Bandara Adi Soemarmo PP.

2. Koridor 2

Terminal Palur – UNS – RSUD Dr Moewardi – SMA Warga – SMA 1 – SMA 2 – Stasiun Solo Balapan – Masjid Solihin – Monumen Pers – RS PKU – Mall Solo Paragon – Gendengan – Stasiun Purwosari – Kerten – Samsat – SMP Ursulin – Perempatan Manahan – Hotel Sunan PP.

3. Koridor 3

Terminal Kartasura – Pajang – Pasar Jongke – Pasar Kabangan – Baron – Tipes – Gemblegan – Nonongan – Gladak – Balaikota – Pasar Gede – Panggung – RS Moewardi – Tugu Cembengan PP.

4. Koridor 4

Terminal Kartasura – Luwes Kartasura – De Colomadu – Tugu Makutho – Stadion Manahan – RS Brayat – Terminal Tirtonadi – Pasar Ngemplak – Kampus UTP – RS Dr Oen Kandangsapi – Panggung – RS Moewardi – Techno Park – Jurug – Terminal Palur PP.

5. Koridor 5

Terminal Kartasura – RS Karima – Luwes Kartasura – Pasar Colomadu – SMP 1 Gawanan – AKFIS – Batas Kota – SMK 9 SMSR – Graha Sabha Buana Sumber – SMP 12 – Stadion Manahan – SMP 24/25 – Gendengan – Sriwedari – Nonongan – Gemblegan – Gading – Sub Terminal Semanggi – Bekonang – Sidan PP.

6. Koridor 6

Terminal Tirtonadi – RS Triharsi – Stasiun Balapan – Punggawan – Mangkunegaran – Pasar Triwindu – Wisma Batari – Pasar Kembang – Tipes – Gemblegan – Danukusuman – The Park Mall – Solo Baru – Jembatan Bacem – RS Indriati PP.

Itulah rute dari ke-enam koridor bus Batik Solo Trans yang dapat dijadikan panduan untuk mendatangi kampus UNS atau berkeliling Kota Surakarta. Anda juga dapat berganti koridor atau angkutan feder ke jalan yang lebih kecil, jika menginginkan perubahan jalur, dengan berganti di halte yang diperlukan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya